Punya Dana Rp 100 Jutaan, Bisa Beli Sedan Apa?

Oleh Redaksi Otosia pada 26 Mar 2022, 14:15 WIB
Diperbarui 26 Mar 2022, 14:15 WIB
Toyota Camry XV40 (favcars.com)
Toyota Camry XV40 (favcars.com)

Otosia.com Mobil sedan mempunyai peminatnya sendiri. Meski tidak selaris MPV atau SUV, beberapa tetap memilih mobil sedan dengan alasan rasa berkendara yang cenderung nyaman dan bentuk bodi mewah.

Namun untuk membeli mobil sedan baru, harganya cukup mahal. Sedan paling murah saat ini adalah Toyota Vios dengan banderolan Rp 287,2 juta. Harga tersebut belum tentu cocok untuk mayoritas kantong banyak orang.

Dengan dana yang cukup terbatas, sebut saja Rp 100 jutaan, membeli sedan baru bukanlah kondisi yang ideal. Lantas, pilihan berikutnya adalah membeli sedan bekas.

Selain harga lebih terjangkau, pasar mobil bekas menyediakan banyak pilihan. Tentunya membeli mobil bekas harus dipertimbangkan dengan matang, mulai dari kondisi mobil, jumlah odometer, dan kelengkapan dokumen secara keseluruhan.

Berikut 5 pilihan sedan bekas seharga Rp 100 jutaan:

Video Paling Dicari saat Ini
 (kpl/dit)

1. Toyota Camry XV40

Toyota Camry XV40 (Istimewa)

Pertama adalah Toyota Camry G model XV40. Mobil ini kerap dikaitkan dengan mobil pejabat jaman Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Bentuk bodi yang membulat dan clean memberi kesan mewah nan megah.

Mobil ini bisa dipinang dengan harga Rp 90-100 jutaan, di mana tipe G dan V menjadi pilihan utama. Varian G lebih sederhana dalam segi fitur, di mana kursi masih berbahan kain dan manual, MID simpel, setir polos, dan belum keyless entry.

Sebaliknya tipe V lebih lengkap dengan adanya fitur kursi depan elektrik, tombol AC dan audio steering switch di lingkar kemudi, jok kulit, MID di speedometer, dan ukuran pelek yang lebih besar.

Toyota Camry XV40 tipe G dan V sama-sama disematkan mesin 2.400cc dengan tenaga 167 hp dan torsi 230 Nm. Seluruh tenaga mesin disalurkan ke roda depan via transmsisi otomatis 6 percepatan.

2. Toyota Corolla Altis E120

Toyota Corolla Altis E120 (Toyota)

Berikutnya adalah Toyota Corolla Altis generasi ke-9 dengan kode E120. Sedan ini menjadi pilihan alternatif menarik bagi yang menginginkan Camry, namun tidak membutuhkan ukuran bodi dan mesin yang lebih besar.

Toyota Corolla Altis generasi banyak ditemukan di pasar mobil bekas dengan harga Rp 60-80 jutaan. Untuk jamannya, sedan ini tergolong cukup komplet dengan AC digital otomatis, 2 airbags, spion lipat elektrik, armrest depan dan belakang, dan sensor parkir.

Mobil ini dibenamkan mesin 1.800cc yang menghasilkan output 140-147 PS dan torsi 177-188 Nm, tergantung menggunakan teknologi VVT-i atau tidak. Seluruh tenaga mesin disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual 5 percepatan atau matic 4 percepatan.

3. Honda Accord gen.7 CM5

Honda Accord CM5 (netcarshow.com)

Selain Camry, pilihan sedan full-size lainnya adalah Honda Accord generasi ke-7 dengan kode CM5. Mobil ini mempunyai styling yang khas, di mana bentuk bodi terkesan membulat dan bongsor.

Kumpulan fitur yang ditawarkan Honda Accord CM5 tergolong cukup lengkap, di antaranya ada AC dual zone otomatis, cruise controlaudio steering switch, kursi depan elektrik, rem belakang cakram dan jok dilapisi bahan kulit.

Performa Accord generasi ini tidak jauh berbeda dengan Camry. Sedan ini memboyong mesin 2.400cc dengan semburan tenaga 163 hp dan torsi 220 Nm. Seluruh tenaga disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis 5 percepatan.

4. BMW 5-Series E39

BMW 5-Series E39 (netcarshow.com)

Bagi para peminang sedan dari Eropa, BMW 5-series berkode E39 menjadi pilihan menarik. Sedan asal Jerman ini mempunyai styling konservatif nan menawan, membuat bentuk mobil ini tidak termakan waktu.

BMW 5-Series pada generasi ini tergolong canggih, seperti penyamatan AC dual zone, MID di speedometer, individual door warningActive Stabilty Control (ASC), ventilasi AC belakang, serta armrest di depan dan belakang.

Layaknya mobil BMW, 5-Series hadir dengan beragam pilihan mesin. Paling powerful adalah 523i dengan mesin 2.500cc dengan tenaga 170hp dan torsi 245Nm, lalu 528i yang berbekal mesin 2.800cc dengan tenaga 190hp dan torsi 290Nm.

5. Honda Civic ES

Honda Civic ES pre-facelift dengan modifikasi (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Terakhir adalah pilihan alternatif dari Toyota Corolla Altis E120, yakni Honda Civic ES. Berbeda dengan Altis, Civic mempunyai bentuk bodi dengan banyak tarikan garis berliku. Lantas bodi mobil ini terlihat lebih sporti.

Selain tampilan luar yang sporti, parts aftermarket mobil ini lebih bervariasi. Banyak pemilik Honda Civic ES mempercantik tampilan mobil dengan tambahan bodykit atau merombak bagian mesin untuk meningkatkan performa.

Secara standar, mobil ini dibekali mesin 1.700cc yang menghasilkan output 130 hp dan torsi 165 Nm. Seluruh tenaga disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya