Beda Rp 65 Jutaan, Mending New Wuling Cortez atau Toyota Kijang Innova G A/T?

Oleh Redaksi Otosia pada 26 Mar 2022, 15:15 WIB
Diperbarui 26 Mar 2022, 15:15 WIB
New Wuling Cortez (Wuling)
New Wuling Cortez (Wuling)

Otosia.com PT Wuling Motor Indonesia (Wuling) baru saja meluncurkan New Cortez, Kamis (24/3/2022). MPV bongsor ini mendapatkan improvement dari segi eksterior, teknologi, dan terutama interiornya.

Selain mendapatkan beragam perubahan, New Wuling Cortez juga diberi harga baru. Mengacu pada situs wuling.id, tipe termahal Cortez EX 1.5T Lux+ dibanderol Rp 325.650.000. Harga ini belum termasuk diskon dari Wuling.

Dengan demikian harga baru Cortez selisih sekitar Rp 65 jutaan dengan pesaing eratnya Toyota Innova G A/T. Lantas, MPV mana yang lebih unggul?

Video Terpopuler saat Ini
 (kpl/dit)

Eksterior

Toyota Innova (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Kedua mobil ini masih mengusung desain yang sama sejak peluncurannya. Toyota Innova G masih menggunakan bodi khas Innova Reborn yang diberikan facelift pada tahun 2020 silam.

Sedangkan New Wuling Cortez tidak terlihat berbeda secara signifikan dibanding Cortez CT sebelumnya. Namun pada penyegaran ini, Wuling menggantikan pelek dengan motif jari-jari yang lebih padat. Ukuran 16 ini dan warna two tone masih sama.

Next

Kendati demikian, dari segi fitur, Wuling Cortez lebih unggul. Mobil ini sudah dilengkapi lampu depan dan belakang LED, mempunyai DRL di depan, keyless entrysunroof di atap dan rem belakang yang sudah cakram.

Sementara Innova G tidak selengkap Cortez, atau versi lebih mahalnya. MPV andalan Toyota ini masih menggunakan lampu depan dan belakang halogen, belum keyless entry, dan rem belakang masih tromol.

Interior

New Wuling Cortez disematkan sepasang meja untuk baris kedua (Otosia.com/Nazarudin Ray)

Mayoritas improvement pada New Wuling Cortez terlihat pada bagian interiornya. Mobil ini, meski measih menggunakan desain kabin yang sama dengan Cortez CT, diberi penyegaran yang cukup signifikan.

Paling mencolok adalah pergantian warna interior menjadi full black, dari dasbor hingga jok penumpang. Tidak hanya itu, mobil keluarga Wuling ini mendapatkan head unit yang lebih besar dan canggih, sepasang meja lipat untuk baris kedua, Wuling Indonesian Command (WIND), dan bisa dikoneksikan ke telefon genggam melalui aplikasi My Wuling.

Sedangkan interior Innova G lebih sederhana, mengingat model ini adalah Innova termurah. Secara standar mobil ini disematkan kursi berbahan kain, belum mempunyai MID besar, AC masih putar kenob, dan bahkan tipe ini belum dilengkapi armrest belakang.

Keselamatan dan performa

Ilustrasi fitur keselamatan (wuling.id)

Urusan kelengkapan peranti keselamatan, New Wuling Cortez sedikit lebih unggul. Mobil tujuh penumpang ini sudah dilengkapi ABS, EBD, Hill Hold Control (HHC), Vehicle Stability Control (VSC), sensor parkir depan dan belakang, kamera mundur dan 4 airbags.

Sebaliknya Innova G setelah facelift mendapatkan paket keselamatan yang lebih mumpuni. Meski tipe termurah, ABS, EBD, VSC, sensor parkir belakang, kamera mundur, dan airbags 3 buah.

Sektor performa tidak mengalami perubahan dari kedua mobil. New Wuling Cortez masih menggunakan mesin 1.500cc turbo dengan semburan tenaga 140 hp dan torsi 250 Nm. Seluruh tenaga disalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT.

Next

Toyota Kijang innova (TAM)

Untuk Kijang Innova G, kombinasi mesin dan transmisi mobil ini lebih sederhana. Di bawah kap mesinnya ditanamkan jantung pacu 2.000cc naturally aspirated dengan output 139 PS dan torsi 183 Nm. Seluruh tenaga disalurkan ke roda belakang melalui transmisi otomatis 6 percepatan.

New Wuling Cortez dibanderol dengan harga Rp 325.650.000 atau Rp 310.650.000 dengan tambahan diskon dari Wuling. Lalu Toyota Innova matic dijual pada angka Rp 375.700.000.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya