Honda HR-V Tidak Lagi Didistribusikan ke Dealer, Pertanda Model Baru?

Oleh Redaksi Otosia pada 19 Mar 2022, 08:15 WIB
Diperbarui 19 Mar 2022, 08:15 WIB
All New Honda HR-V RS di Thailand (honda.co.th)
All New Honda HR-V RS di Thailand (honda.co.th)

Otosia.com Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) mencatat, Honda HR-V tidak lagi didistribusikan dari pabrik ke dealer (wholesales) pada bulan Februari lalu.

Perubahan jumlah distribusi ini terbilang tidak biasa, lantaran pada bulan Januari Honda HR-V masih cukup laris. Mengacu pada data Gaikindo, Honda HR-V masih terdistribusi sebanyak 1.440 unit di bulan Januari 2022. Lalu di bulan berikutnya, tidak ada sama sekali alias nol.

Honda HR-V saat ini (netcarshow.com)

 

Video Paling Dicari saat Ini
 (kpl/dit)

Next

Hal ini dijelaskan lebih detail oleh Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM). Ia menyatakan bahwa Honda HR-V model saat ini sudah tidak lagi diproduksi mau pun dijual.

Dengan kata lain, Honda HR-V bisa saja disuntik mati atau akan muncul varian terbaru dalam waktu dekat.

"Kita sudah tidak lagi memproduksi dan meng-wholesales-kan HR-V model lama. Kalau ditanya kapan (model) barunya, tunggu saja," ungkap Yusak di sela-sela acara peresmian ekspor Honda BR-V, Rabu (16/3/2022).

Next

Bocoran

NJKB Honda HR-V terbaru (Samsat DKI Jakarta)

Sementara itu, isu kehadian All New Honda HR-V memang sempat bocor dan ramai jadi bahan pembicaraan. Selain sempat ditemukan di jalanan umum, Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) si crossover ini juga tercantum dalam situs Samsat DKI Jakarta.

Dari data tersebut diketahui bahwa terdapat 5 model yang akan dipasarkan, mulai dari HR-V 1.5L E CVT, 1.5L S CVT, 1.5 SE CVT, hingga tipe termahal 1.5T RS CVT.

 

Next

Tipe 1.5T RS CVT menarik untuk diungkap. Dengan NJKB, boleh jadi 1.5T RS CVT menjadi pengganti model 1.8L Prestige yang dijual saat ini. Artinya kemungkinan besar Honda akan menghadirkan HR-V dengan tampilan sporti, mengingat nama "RS" selalu identik dengan varian sporti Honda. 

Selain itu, tipe termahal ini sudah meninggalkan mesin 1.800cc naturally aspirated dan sebagai gantinya adalah jantung pacu 1.500cc turbo.

Sisi samping Honda HR-V RS terbaru di Thailand (honda.co.th)

 

Next

Namun belum diketahui spesifikasi atau basis mesinnya, lantaran Honda Civic, Accord dan CR-V sama-sama dipersenjatai mesin 1.500cc turbo. Sebagai patokan, Honda Civic turbo saat ini menghasilkan output 178 PS dan torsi 240 Nm.

Dari segi fitur, besar kemungkinan All New Honda HR-V termahal kelak dilengkapi panoramic sunroofbodykit sporti ‘RS’, speedometer digital, dan peranti keselamatan canggih Honda Sensing.

 

 

Next

Berikut daftar Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) All New Honda HR-V berdasarkan data Samsat DKI:

Honda HR-V

NJKB

HR-V 1.5L S CVT

Rp225.000.000

HR-V 1.5L E CVT

Rp243.000.000

HR-V 1.5L SE CVT

Rp255.000.000

HR-V 1.5T RS CVT

Rp305.000.000  

 

 

Next

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya