Made In Indonesia, Presiden Jokowi Resmikan Mobil Listrik Hyundai IONIQ 5

Oleh Redaksi Otosia pada 18 Mar 2022, 20:15 WIB
Diperbarui 18 Mar 2022, 20:15 WIB
Presiden Republik indonesia, Joko Widodo resmi meluncurkan Hyundai IONIQ 5 (YouTube/Sekretariat Presiden)
Presiden Republik indonesia, Joko Widodo resmi meluncurkan Hyundai IONIQ 5 (YouTube/Sekretariat Presiden)

Otosia.com Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo resmi meluncurkan mobil listrik pertama yang dibuat di Indonesia. Hal ini tercatat dalam halaman resmi presidenri.go.id dan akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (16/3/2022).

Peluncuran mobil ini dilakukan dalam rangka kunjungan kerja Presiden Jokowi ke pabrik 

Mobil yang diluncurkan adalah Hyundai IONIQ 5, sebuah crossover SUV dengan basis Battery Electric Vehicle (BEV). Mobil ini bakal dirakit secara lokal dan diekspor ke luar negeri. Lantas SUV elektrik ini diharapkan menjadi menjadi tonggak sejarah penting dalam pengembangan kendaraan listrik di Tanah Air.

 (kpl/dit)

Next

Tanda Tangan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mendadakan peluncuran Hyundai IONIQ 5 buatan Indonesia (YouTube/Sekretariat Presiden)

"Saya harapkan mobil listrik Hyundai IONIQ 5 ini akan menjadi milestone penting dalam pengembangan kendaraan listrik di Indonesia, memacu pengembangan mobil listrik yang makin canggih dan diminati," imbuh Presiden Jokowi, seperti yang dikutip dari situs presidenri.go.id, Kamis (17/3/2022).

Prosesi peresmian bisa dilihat pada akun YouTube Sekretariat Presiden, di mana Presiden Jokowi meresmikan Hyundai IONIQ 5 pertama rakitan Indonesia melalui tanda tangan di bagian kap mesinnya.

"Hari ini meluncurkan mobil listrik yang buatan Indonesia pertama. Memang pemerintah mendukung sekali mengenai masa depan mobil listrik ini di Indonesia. Jadi kami memang kerja sama dengan pemerintah supaya Indonesia bisa sebagai utuh (produsen) mobil listrik di ASEAN," ujar Lee Kang Hyun, Vice President of Hyundai Motor Asia Pacific HQ, dalam kesempatan yang sama.

NJKB Hyundai IONIQ 5

Hyundai IONIQ 5 di pabrik PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMIN) di Cikarang, Jawa Barat (YouTube/Sekretariat Presiden)

Sementara beberapa waktu lalu, angka Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Hyundai IONIQ 5 bocor ke publik.

Informasi ini terdaftar dalam situs Samsat DKI Jakarta, di mana IONIQ 5 berada di antara crossover Hyundai Creta dan mobil listrik lainnya Hyundai Kona EV. Tercatat ada dua model yang didaftarkan, yakni Hyundai Ioniq 5 EV 2WD dan Hyundai Ioniq 5 EV AWD.

Next

Pasalnya versi RWD dibanderol Rp 450 juta, sedangkan Hyundai Ioniq 5 EV AWD dijual pada harga Rp 473 juta. Yang menarik kedua NJKB Hyundai Ioniq 5 tidak jauh berbeda dengan Hyundai Kona Electric, yakni Rp 488 juta.

Sebagai patokan SUV itu dijual Rp 734,9 juta. Lantas boleh jadi kelak Hyundai Ioniq 5 bakal dipasarkan pada rentang harga yang serupa. Menarik untuk ditunggu.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya