Lama Tanpa Perubahan, Inikah All New Mazda 6?

Oleh Redaksi Otosia pada 15 Mar 2022, 08:15 WIB
Diperbarui 15 Mar 2022, 08:15 WIB
Render All New Mazda6 sedan (Instagram/@sugardesign_1)
Render All New Mazda6 sedan (Instagram/@sugardesign_1)

Otosia.com Mazda Corporation Jepang baru-baru ini meluncurkan SUV terbarunya Mazda CX-60. Mobil tersebut menjadi langkah baru Mazda menuju era baru melalui pengenalan teknologi Plugin Hybrid Electric Vehicle (PHEV) dan platform terkini berbasis penggerak roda belakang (RWD).

Meski sudah meluncurkan produk baru, banyak dari mobil Mazda yang hingga saat ini belum mendapatkan perubahan signifikan.

Sebut saja sedan atau station wagon Mazda6. Mobil ini terakhir mendapatkan major upgrade berupa facelift di tahun 2018 silam dan hingga kini belum menerima penyegaran baru sama sekali.

Namun beberapa orang mencoba menerka seperti apa bentuk All New Mazda6. Salah satunya adalah akun Instagram @sugardesign_1. Akun tersebut belum lama ini mengunggah sebuah render yang menampilkan tampang baru All New Mazda6.

 

 

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/dit)

Sedan

Render All New Mazda6 sedan (Instagram/@sugardesign_1)

Pada dasarnya, perubahan yang diterapkan mencakup bahasa desain baru dari All New Mazda CX-60, lalu disesuaikan dengan bodi sedan kepunyaan Mazda6.

Dengan demikian, fascia depan mobil ini tampil lebih modern dan dinamis. Penyematan “Kodo Design” terbaru dari CX-60 terlihat lebih pas, di mana lampu depan yang lebih pipih, DRL yang menyatu ke grill dan rumah lampu kabut tidak over-sized seperti pada CX-60.

Next

Bagian samping mobil ini nampak sederhana dan minim tarikan garis, layaknya mobil-mobil Mazda pada umumnya. Akun itu hanya menyematkan garnish kecil di fender depan dan satu tarikan garis di bagian bawah.

Kaki-kaki yang digunakan mengusung pelek lima palang two tone dengan bentuk tomahawk, seperti kepunyaan Mazda CX-60.

Estate

Render All New Mazda6 estate (Instagram/@sugardesign_1)

Sementara pada postingan berbeda, akun tersebut juga menunjukkan render All New Mazda6 dalam bentuk station wagon atau mobil estate. Mobil yang ditunjukkan dipasangkan perahu canoe di atapnya.

Versi estate ini ditunjukkan dari bagian belakang. Bagian lampu kini lebih memanjang dari sebelumnya, seperti versi panjang dari kepunyaan CX-60. Lalu bumper belakang kini lebih menonjol keluar dan disematkan sepasang exhaust tips di bawah.

Layaknya mobil station wagon, Mazda6 ini mempunyai tambahan ‘punuk’ di belakang. Sekilas tidak ada perbedaan signifikan, kecuali bentuk kaca di pilar D yang sedikit lebih menukik.

Lantaran mobil dalam keadaan bergerak, tidak terlihat seperti apa corak pelek yang digunakan. Namun dibanding versi sedan, Mazda6 estate mempunyai ride height yang lebih tinggi. Bahkan nampak sama dengan ground clearance mobil-mobil crossover.

Ganti platform?

Mazda6 Wagon saat ini (netcarshow.com)

Lantaran mengusung bahasa desain baru dari CX-60, boleh jadi All New Mazda 6 kelak menggunakan platform terbaru Mazda.

Mengutip paultan.orgplatform baru ini dirancang untuk memboyong teknologi elektrifikasi dan berbasis RWD. All New Mazda6 bisa dibenamkan mesin 2.500cc Skyactiv-G PHEV yang menghasilkan output 327 PS dan torsi 500 Nm.

Seluruh tenaga mesin disalurkan ke roda belakang (RWD) atau setiap roda (AWD) melalui transmisi otomatis 8 percepatan. Untuk Mazda CX-60, kombinasi dapur pacu ini diklaim bisa membuat mobil berakelerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 5.8 detik saja dan sanggup berjalan sekitar 50 km dalam mode full electric.

Tidak menutup kemungkinan lawan dari Toyota Camry atau Honda Accord ini tersedia dengan pilihan mesin 3.000cc Skyactiv-X bensin atau Skyactiv-D diesel dengan kapasitas 3.000cc atau 3.300cc. Ketiga mesin dengan jumlah silinder enam ini dipadu teknologi Mild Hybrid Electric Vehicle (MHEV).

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait

Berita Terkini Selengkapnya