Toyota Siapkan All New Lexus NX, Luncur di Jakarta Auto Week?

Oleh Redaksi Otosia pada 11 Mar 2022, 13:45 WIB
Diperbarui 11 Mar 2022, 13:45 WIB
All New Lexus NX (Lexus)
All New Lexus NX (Lexus)

Otosia.com Crossover premium Lexus NX sudah memasuki umur 7 tahun di tahun 2022. Mobil ini diposisikan di antara Lexus RX dan Lexus UX, dengan ukuran bodi dan harga yang berada di tengah-tengah kedua mobil tersebut.

Setelah sekian lama tanpa perubahan, kabarnya dalam waktu dekat All New Lexus NX bakal meluncur di tanah air. Hal ini terkuak pada situs resmi lexus.co.id dan akun YouTube Lexus Indonesia.

 

 

 (kpl/dit)

Ganti platform

All New Lexus NX (netcarshow.com)

Semengtara itu melansir paultan.org, All New Lexus NX masih mengusung profile bodi yang sama dengan model sebelumnya. Kendati demikian secara keseluruhan, termasuk platform yang digunakan, mobil ini mendapatkan rombakan total.

All New Lexus NX mengusung sasis baru, yakni platform Toyota New Global Architecture (TNGA) berkode GA-K. Sasis ini digunakan pada mobil-mobil Toyota dengan ukuran bodi yang lebih besar, seperti Toyota Camry dan Toyota Harrier saat ini.

Next

Dengan penggunaan sasis baru, dimensi Lexus NX menjadi lebih bongsor. Mobil ini mempunyai ukuran panjang 4.660 mm, lebar 1.865 mm, dan tinggi 1.640 mm. Bahkan jarak wheelbase meningkat sekitar 30 mm, menjadi 2.690 mm.

Tidak hanya itu, beberapa aspek eksterior mobil juga mendapatkan improvement menarik, seperti desain spindle grille baru, DRL LED yang kini menyatu dengan lampu depan, lampu belakang yang menyambung dengan adanya LED bar, dan pelek berukuran 20 inci.

Interior baru

Interior All New Lexus NX (edmunds.com)

Perubahan paling mencolok terletak di bagian interior. All New Lexus NX disematkan layar berukuran besar, di antaranya head unit baru berukuran 14 inci atau 9.8 inci yang mengarah ke pengemudi, Head-Up Display (HUD) 10 inci di atas speedometer yang sudah menggunakan layar digital,

Selain itu Lexus NX terbaru mendapatkan setir dengan tombol-tombol capacitive dan desain konsol tengah baru. Yang menarik, fitur Remote Touch Controller di konsol tengah kini dihilangkan. Pengoperasian head unit sepenuhnya menggunakan sentuhan jari.

Next

Sebagai pelengkap, SUV perkotaan ini sudah dilengkapi panoramic sunroof, kursi depan elektrik, power back door dengan kick sensorwireless charging, sistem audio premium buatan Mark Levinson dan alat voice command yang bisa diaktifkan melalui panggilan “Hey Lexus”.

All New Lexus NX sudah dilengkapi peranti keselamatan terbaru Lexus Safety System+. Di dalamnya terdapat beragam teknologi canggih berbasis radar dan kamera, seperti Radar Cruise ControlLane Departure AlertLane Trace AssistPre-Collision Mitigation SystemRoad Sign Assist, serta Proactive Driving Assist.

Performa dan harga

All New Lexus NX (edmunds.com)

All New Lexus NX juga dibenamkan mesin baru. Pasalnya varian NX300 bakal digantikan dengan model NX350 yang mengusung jantung pacu 2.400cc berkode T24A-FTS dengan output 275 hp dan torsi 430 Nm.

Seluruh tenaga disalurkan ke setiap roda (AWD) melalui transmisi otomatis Direct Shift 8 percepatan. Girboks ini diklaim sudah disesuaikan untuk performa mesin turbo. Dengan demikian akselerasi dan pergantian gigi pada mobil ini menjadi lebih optimal.

Next

Ada juga pilihan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Paling kuat adalah Lexus NX 450h+ yang menggabungkan mesin 2.500cc Atkinson-cycle dengan sepasang motor listrik di depan dan belakang. Hasilnya versi ini sanggup menyemburkan tenaga 302 hp dan diklaim dapat berjalan dalam mode elektrik sejauh 75 km.

Untuk harga, Lexus NX tebaru dibanderol mulai dari AUD 60,800 atau Rp 637,2 juta (dengan kurs AUD 1 = Rp 10.480,06), hingga tipe termahal PHEV di angka AUD 89.900 atau Rp 942,1 juta.

Perlu diketahui bahwa kumpulan fitur, spesifikasi mesin dan rincian harga di atas diperuntukkan Lexus NX di luar negeri. Tidak menutup kemungkinan bahwa Indonesia bisa mendapatkan varian yang berbeda.

Luncur di JAW?

Teaser peluncuran All New Lexus di indonesia (YouTube/Lexus Indonesia)

Waktu peluncuran mobil ini tidak tertulis secara langsung di situs resmi Lexus Indonesia. Namun berdasarkan video singkat pada akun YouTube mereka, mobil ini akan debut dalam 7 hari mendatang.

Video tersebut diunggah pada tanggal 6 Maret 2022 kemarin. Dengan demikian boleh jadi SUV premium ini akan dirilis pada pembukaan Jakarta Auto Week (JAW) di Jakarta Convention Center (JCC), Sabtu, 12 Maret 2022.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait

Berita Terkini Selengkapnya