Begini Tampang LCGC Toyota Calya Bergaya "GR"

Oleh Redaksi Otosia pada 09 Mar 2022, 16:15 WIB
Diperbarui 09 Mar 2022, 16:15 WIB
Toyota Calya GR (Instagram/@malvinsetiawan)
Toyota Calya GR (Instagram/@malvinsetiawan)

Otosia.com Divisi motorsport Toyota Gazoo Racing (GR) kerap menempelkan emblemnya di sejumalah mobil Toyota, mulai dari SUV keluarga Toyota Rush GR Sport, hingga mobil sports Toyota GR Yaris.

Namun ada satu mobil yang hingga saat ini jarang mendapatkan embel-embel GR, yakni mobil keluarga atau MPV. Hal ini terlihat dari sejarah mobil MPV Toyota yang tidak mendapatkan model GR. Tercatat hanya Grand New Avanza yang mendapat sentuhan MPV GR.

Video Paling Viral saat Ini
 (kpl/dit)

Next

Toyota GR Yaris di GIIAS 2021 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Minimnya mobil MPV berlogo GR pun sempat disinggung oleh Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM). Ia menyebutkan model sporti GR kurang cocok untuk mobil keluarga.

“Merek GR sebagai Racing Brand lebih banyak fokus ke produk-produk yang non-MPV. Jadi GR kami lebih banyak introduce di sedan, hatchback, kemudian SUV,” kata Anton pada kesempatan lalu.

"Kita tidak sebatas melihat setiap produk Toyota dan diberikan brand GR, tidak seperti itu. Kita melihat segmen-segmen mana yang cocok dan memang punya animo yang cukup tinggi terhadap sporty styling, menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen,” tambahnya.

Render

Toyota Calya GR (Instagram/@malvinsetiawan)

Kendati jarang mendapatkan treatment GR, beberapa penggemar otomotif mencoba menebak mobil MPV Toyota model GR. Salah satunya adalah hasil karya render dari akun Instagram @malvinsetiawan, baru-baru ini.

Akun itu mencoba menggambarkan wujud MPV LCGC Toyota Calya dengan beragam improvement tampilan, layaknya mobil GR.

Ubahan paling mencolok ada pada fascia depan mobil, di mana Calya GR mengusung wajah dari Toyota Voxy terbaru. Bagian depan kini didominasi grill besar berwarna hitam dengan lampu depan yang berada di ujung. Calya ini juga mendapatkan DRL LED yang terpisah.

Next

Toyota Calya (TAM)

Bagian kaki-kaki mobil ini juga mendapatkan perubahan. Selain lebih rendah dibanding Calya standar, model GR ini disematkan pelek berwarna hitam model jari-jari.

Untuk meningkatkan nuansa sporti, LCGC satu ini diberikan warna hitam di bagian gagang pintu, spion dan pilar B dan C. Sebagai pelengkap, sektor buritan mobil ini dipasangkan spoiler kecil dan garnish di fender depan berwarna gelap.

Jawaban Toyota

Terkait mobil GR pada LCGC, Anton sempat menjelaskan bahwa tidak setiap produk Toyota bakal mendapatkan model Gazoo Racing. Pemberian emblem ini disesuaikan dengan karakter produk dan tingkat daya tarik dari konsumen.

"Banyak yang minta hatchback dibandingkan dengan MPV kalau di kelas LCGC, jadi kita prioritaskan Agya dulu," tutup Anton.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya