Beda Rp 40 Jutaan, Pilih All New Toyota Voxy atau Nissan Serena?

Oleh Redaksi Otosia pada 21 Feb 2022, 21:15 WIB
Diperbarui 21 Feb 2022, 21:15 WIB
All New Toyota Voxy (TAM)
All New Toyota Voxy (TAM)

Otosia.com Belum lama ini PT Toyota Astra Motor (TAM) merilis All New Toyota Voxy. Sebagai generasi keempat, Voxy terbaru hadir dengan berbagai perubahan besar, mulai dari tampang hingga fitur.

Satu hal yang tidak berubah adalah  bentuk mobil ini. Secara umum, Voxy didesain sebagai mobil keluarga berdesain kotak untuk meningkatkan kepraktisan, terutama membuat ruang kabin terasa lebih lapang.

Di Indonesia ada satu mobil lagi dengan desain bodi yang sama, yakni Nissan Serena. Dikenal sebagai pesaing dekat Toyota Voxy, perbedaan harga Nissan Serena Highway Star dan All New Voxy mencapai Rp 40 juta.

Jika membandingkan keduanya, mana yang lebih unggul?

Video Paling Dicari saat Ini
 (kpl/dit)

Eksterior

Nissan Serena Highway Star (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

All New Toyota Voxy mengusung bahasa desain baru yang lebih mewah. Hal ini cukup berbeda dengan model sebelumnya, di mana mobil itu mempunyai aspek sporti di beberapa bagian.

Untuk melengkapi tampilan barunya, Voxy di Indonesia diberikan lampu depan dan belakang LED, pelek 17 inci two tonedual sliding door dengan kick sensor, pintu bagasi otomatis, dan pemanas untuk kaca spion.

Next

Sebaliknya tampilan Nissan Serena terbilang familiar, lantaran mobil ini sudah diproduksi sejak tahun 2016 silam.

Kendati demikian, model highway star membantu menyegarkan tampang mobil ini, dengan adanya bodykit, pelek 16 inci two tone, lampu depan projector LED, dual sliding door dengan kick sensor dan pintu bagasi yang bisa dibuka secara terpisah.

Interior

Interior All New Toyota Voxy (TAM)

Kabin All New Toyota Voxy lebih modern dan premium. Paling mencolok adalah bentuk dasbor yang menjorok ke dalam yang bisa digunakan sebagai tempat menaruh barang.

Voxy terbaru dilengkapi beragam fitur menarik, di antaranya speedometer full digitalhead unit besar, AC triple zoneRear Seat Entertainment (RSE), kursi baris kedua captain seat dan tersedia kursi baris ketiga.

Next

Sedangkan interior Serena terbilang termakan waktu, jika dibandingkan dengan kepunyaan Voxy. Hal ini terlihat jelas dengan ukuran head unit dengan bezel besar disekitarnya, membuat interior mobil ini terlihat kurang premium. 

Kendati demikian, kumpulan fitur kedua mobil ini cukup mirip. Nissan Serena juga dilengkapi speedometer digital, jok kulit, kursi baris kedua captain seat, kursi baris ketiga, RSE, dan meja untuk baris kedua dan ketiga. Namun AC mobil ini masih single zone.

Next

Fitur keselamatan dan performa 

Interior Nissan Serena (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Dari segi keselamatan, Voxy dan Serena pada dasarnya tidak jauh berbeda. Kedua mobil ini sudah disematkan Vehicle Stability Control (VSC), Hill Hold Control (HHC), rem belakang cakram, ABS, EBD, dan BA.

Hanya saja Voxy lebih unggul dari segi passive safety. Toyota memberikan mobil ini Toyota Safety Sense 3.0 (TSS 3.0) terbaru, yang mencakup Lane Keep Assist (LKA), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Collision Mitigation Braking System (CMBS), dan lain-lain.

Next

Urusan performa keduanya berbekal mesin 2.000cc naturally aspiratedi. Voxy lagi-lagi lebih unggul dengan semburan tenaga, yakni sebesar 170 PS dan torsi 202 Nm. Sedangkan Serena menghasilkan output 150 PS dengan torsi 195 Nm.

Kedua mobil ini menyalurkan seluruh tenaga mesin ke roda depan (FWD) melalui transmisi CVT.

Untuk harga, All New Toyota Voxy dibanderol Rp 558,2 juta, sementara Nissan Serena Highway Star dijual Rp 515 juta. Dengan selisih harga sekitar Rp 40 jutaan, mending Voxy yang lebih komplet atau Nissan Serena yang lebih value for money?

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya