All New Toyota Voxy versi Hybrid, Kapan Masuk Indonesia?

Oleh Redaksi Otosia pada 18 Feb 2022, 19:15 WIB
Diperbarui 18 Feb 2022, 19:15 WIB
All New Toyota Voxy hybrid di Jepang (hyogotoyota.co.jp)
All New Toyota Voxy hybrid di Jepang (hyogotoyota.co.jp)

Otosia.com PT Toyota Astra Motor (TAM) kemarin, Kamis (18/2/2022) merilis All New Toyota Voxy. Mobil keluarga ini mengalami banyak perubahan, mulai dari segi tampilan yang lebih bold dan agresif hingga mesin baru berteknologi Dynamic Force Engine.

Untuk perkara mesin, All New Toyota Voxy sebenarnya tersedia dengan pilihan jantung pacu berbeda. Pada peluncuran perdananya di Jepang, mobil ini tersedia dengan pilihan mesin bahan bakar konvensional atau hybrid.

Di Jepang, mobil ini ditawarkan dengan dua mesin, konvensional dan hybrid. Sedangkan di Indonesia cuma kebagian mesin konvensional M20A-FKS.

Lantaran Toyota sendiri sudah berkomitmen untuk menghadirkan mobil yang lebih ramah lingkungan di Indonesia, apakah Voxy versi Indonesia kelak akan ditawarkan dengan pilihan hybrid? 

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/dit)

Next

Potensi Masuknya Voxy Hybrid

All New Toyota Voxy di Indonesia (TAM)

Anton Jimmi Suwandy, selaku Marketing Director TAM, secara personal menginginkan adanya varian hybrid di Voxy terbaru. Kendati demikian, pihaknya mengakui saat ini fokus berjualan Voxy dengan mesin berbahan bakar bensin terlebih dahulu.

"Secara pribadi, saya ingin sekali Voxy mempunyai (versi) hybrid. Namun pada saat ini kita memang fokus dulu ke Voxy yang gasoline," tutur Anton di sela-sela peluncuran virtual All New Toyota Voxy, Kamis (17/2/2022).

 

 

Next

Toyota tidak menutup kemungkinan untuk ke depan Voxy akan dijual dalam varian hybrid. Terutama jika ada permintaan dan mangsa pasarnya cukup besar.

"Kita lagi study dan consider. Memang kalau mangsa pasar segmennya cukup besar dan animonya juga baik, saya rasa tidak ada salahnya untuk kita propose," jelasnya.

Yang pasti, proses ini membutuhkan waktu dan persiapan tersendiri. "Pastinya butuh persiapan dan butuh waktu," tutup Anton.

 

Next

Spesifikasi

Toyota Corolla Cross hybrid di Indonesia (TAM)

Sekadar informasi, Toyota Voxy hybrid di Jepang dijual secara bersamaan dengan versi mesin berbahan bakar konvensional. Selain perbedaan mesin dan beberapa fitur, pada dasarnya Voxy bensin dan hybrid adalah mobil yang sama.

Voxy hybrid mengusung mesin 2ZR-FXE dengan teknologi atkinson cycle dipadu dengan motor listrik. Performa mesin ini tercatat bisa memuntahkan output 98 hp dan torsi 142 Nm, sedangkan motor listrik bawaannya menghasilkan tenaga 134 hp dan torsi 207 Nm.

Next

Yang menarik, jantung pacu yang sama juga ditemukan pada tiga mobil Toyota hybrid lainnya di Indonesia, yakni Corolla Cross hybrid, Corolla Altis hybrid, dan CH-R hybrid.

Lantas, jika Voxy hybrid diperkenalkan di Indonesia, bisa jadi tidak membutuhkan banyak penyesuaian. 

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya