Hyundai Bicara Model Sporti Tipe “N” di Indonesia

Oleh Redaksi Otosia pada 31 Jan 2022, 08:15 WIB
Diperbarui 31 Jan 2022, 08:15 WIB
Hyundai i20 N (Hyundai)
Hyundai i20 N (Hyundai)

Otosia.com Mobil dengan desain sporti memiliki penampilan menggoda. Tidak heran jika kendaraan ini cukup diminati di Indonesia. Terlebih selain penampilan, mobil jenis ini biasanya dijejelai fitur komplet.

Misalnya saja Toyota Rush GR Sport yang penjualannya cukup moncer di tahun lalu. Sepanjang tahun 2021 kemaren mobil ini terjual 21.461 unit, jauh lebih tinggi dibanding Rush tipe G yang laku sebanyak 3.408 unit.

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/dit)

Next

Hanya saja tidak banyak merek menawarkan model yang sporti. Jangankan brand Jepang, produk Korea Selatan saja jarang merilis mobil dengan varian khusus yang lebih sporti dari model yang sudah ada.

Tapi sebenarnya – katakan saja merek Hyundai – punya divisi motorsport dengan nama "N". Huruf "N" diartikan sebagai Namyang, tempat R&D Hyundai di Korea Selatan.

Next

Hyundai i20 N-Line (Hyundai)

Namun penafsiran lainnya mengkaitkannya dengan sirkuit Nurburgring, sebuah lintasan balap Jerman di mana Hyundai mengetes mobil-mobil mereka yang memiliki performa sport.

Melalui divisi ini, Hyundai dapat menghasilkan mobil bertenaga buas. Terbaru adalah Hyundai i20 N dengan mesin 1.600cc turbo. Jantung pacau bawaannya sanggup memuntahkan tenaga 204 PS dan torsi 274 Nm.

Next

Selain mobil bertenaga galak, divisi N juga menyediakan paket tampilan dan fitur canggih, cocok bagi yang tidak terlalu mengutamakan kecepatan. Varian ini disebut sebagai "N-line" dan biasanya mengusung tampang model N, namun mempunyai performa lebih rendah.

Sebagai contoh adalah Hyundai i20 N-line. Mobil ini mengusung tampilan sporti, tetapi hanya dibenamkan mesin 1.200cc turbo dengan output 120 PS dan torsi 172 Nm.

Dengan kata lain, versi N-line dan N kurang lebih sama dengan varian GR Sport dan GR pada merek Toyota.

Model "N" di Indonesia

Hyundai Kona N-Line (Hyundai)

Lantaran mengaku serius menggarap pasar Indonesia, yang kemudian jadi pertanyaan, apakah Hyundai akan menghadirkan konsep "N" pada produk-produknya yang dijual di Indonesia?

Hyundai Indonesia yang ditanyakan soal ini tidak mengamini atau membantah. Mereka mengaku akan mempelajari pasar Indonesia sebelum memutuskan apakah versi "N" bisa dihadirkan ke beberapa model Hyundai di tanah air atau tidak.

"(Untuk saat ini) belum. Kami akan pelajari market-nya dulu," tukas Makmur, Chief Operating Officer HMID, saat ditanya tentang divisi mobil N di Indonesia, Rabu (26/1/2022).

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya