All New Honda BR-V Lebih Dulu Hadir Dibanding Mobilio Terbaru, Apa Alasannya?

Oleh Redaksi Otosia pada 12 Jan 2022, 18:15 WIB
Diperbarui 12 Jan 2022, 18:15 WIB
Deretan Honda BR-V (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)
Deretan Honda BR-V (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Otosia.com PT Honda Prospect Motor (HPM) belum lama ini meluncurkan versi terbaru Honda BR-V. SUV itu mengusung tampilan, kabin, serta fitur-fitur baru, bahkan menjadi mobil Honda termurah dengan peranti keselmatan Honda Sensing.

Lain cerita dengan Honda Mobilio. LMPV yang sempat menjadi basis dari BR-V ini belum mendapatkan perubahan besar. Tercatat mobil itu terakhir diberikan pembaruan mencakup lampu depan projector dan pelek baru pada tahun 2019.

Video Paling Dicari saat Ini
 (kpl/dit)

Next

Yang menarik, Honda Mobilio lebih dulu diluncurkan. Mobil keluarga bernuansa sporti itu debut ke publik pada tahun 2014, sedangkan BR-V baru dirilis dua tahun berikutnya.

Lantas apa alasan Honda lebih dulu meluncurkan BR-V terbaru?

Fokus LSUV

Test drive Honda BR-V (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Yusak Billy, Business Innovation & Marketing Director HPM, menjelaskan bahwa untuk mobil tujuh penumpang, Honda Indonesia lebih fokus untuk kelas LSUV. Berdasarkan riset dari Honda, masyarakat Indonesia cenderung mencari mobil dengan ground clearance tinggi.

Selain itu kontribusi penjualan mobil LSUV cukup tinggi. Pasalnya sekitar 15%-16% dari penjualan mobil di Indonesia adalah LSUV dan angka itu terus meningkat dengan cepat.

"Untuk mobil tujuh penumpang, kami fokusnya ke market LSUV karena masyarakat Indonesia suka mencari mobil dengan ground clearance tinggi. Pasar LSUV itu terakhir mencapai 15% hingga 16% dari seluruh penjualan mobil di Indonesia dan itu naiknya cepat," beber Billy di sela-sela acara media test drive All New Honda BR-V, Kamis (11/1/2022).

Nasib Mobilio

Honda Mobilio RS (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Sementara untuk Mobilio, Honda belum memberi petunjuk kapan mobil tersebut akan mendapatkan pembaruan. Billy hanya memastikan bahwa kedepan, Mobilio mempunyai strateginya sendiri.

Ia juga menegaskan bahwa Honda tidak mempunyai rencana untuk menyetop produksi Mobilio dan akan terus menjual mobil itu.

"Saya belum bisa bicara sekarang untuk model baru Honda Mobilio. Namun mobil itu kami mempunyai strateginya sendiri. Kami juga akan terus menjual Mobilio saat ini ke masyarakat," tutup Billy.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya