Sederet Hoaks Terkait Kelangkaan BBM, Begini Fakta-faktanya

Oleh Redaksi Otosia pada 29 Des 2021, 10:15 WIB
Diperbarui 29 Des 2021, 10:15 WIB
Mesin pengisian ulang bahan bakar minyak di SPBU (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Mesin pengisian ulang bahan bakar minyak di SPBU (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Otosia.com Beberapa waktu belakangan informasi kelangkaan BBM kerap muncul dan membuat geger publik. Masyarakat pun dibuat panik, sebab BBM merupakan kebutuhan utama kendaraan untuk mobilitas mereka.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi seputar kelangkaan BBM tersebut, hasilnya sebagian terbukti hoaks.

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/ahm)

Next

1. Imbauan Memenuhi Isi Tangki Bensin Karena Karyawan Pertamina Akan Mogok Massal Saat Nataru

Beredar di media sosial postingan yang mengimbau masyarakat memenuhi isi tangki bensin karena karyawan Pertamina akan mogok massal saat Natal dan Tahun Baru (Nataru). Postingan ini ramai dibagikan sejak beberapa hari lalu.

Salah satu akun yang mempostingnya berada di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 23 Desember 2021.

Berikut isi postingannya:

"DIHIMBAU...?? Mobil n Motor, Mulai 27 Des 2021 isi Penuh Tangki Bensinnya. Soalnya Karyawan Pertamina Mogok Kerja Massal, Mulai 29 Des 2021 ~ 7 Januari 2022"

Lalu benarkah postingan yang mengimbau masyarakat untuk memenuhi isi tangki bensin karena karyawan Pertamina akan mogok massal saat Nataru? Simak hasil penelusurannya di sini.

Next

2. Minyak akan Langka Akibat Kebakaran Kilang Cilacap

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim akan terjadi kelangkaan minyak akibat kebakaran Kilang Cilacap. Informasi tersebut diunggah sebuah akun Twitter, pada 13 November 2021.

Unggahan tersebut berupa tangkapan layar artikel berjudul "Kilang Pertamina Cilacap Terbakar" yang dimuat situs Kompas.com, pada 13 November 2021.

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Siap-siap kemungkinan besar akan terjadi kelangkaan minyak, pasca terbakarnya tangki kilang minyak di Cilacap???"

Benarkah klaim akan terjadi kelangkaan minyak akibat kebakaran Kilang Cilacap? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com berikut ini.

Next

3. Pasokan BBM Akan Langka Akibat Kilang Balongan Meledak

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi Bahan Bakar Minyak (BBM) akan langka akibat Kilang Balongan meledak, informasi tersebut beredar di jejaring sosial WhatsApp.

Berikut informasi BBM akan langka akibat Kilang Balongan meledak:

Benarkah informasi BBM akan langka akibat Kilang Balongan meledak? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com berikut ini.

Next

4. Informasi Segera Isi BBM karena Akan Langka Akibat Kilang Balongan Kebakaran

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi untuk segera isi BBM karena akan langka akibat Kilang Balongan kebakaran, informasi ini diunggah akun Facebook Along Ulinnuha pada 29 Maret 2021.

Unggahan informasi untuk segera isi BBM karena akan langka akibat Kilang Balongan kebakaran berupa tautan artikel berjudul "Suplai BBM Jabodetabek Langka Efek Kilang Minyak Pertamina Balongan Terbakar? Ini Jawaban Pertamina" yang dimuat situs motorplus-online.com.

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"BURUAN ISI BENSIN TAKUT LANGKA. KILANG MINYAK BALONGAN TERBAKAR HEBAT. KILANG INI SEBAGAI SUPLAI UTAMA BBM KE JABODETABEKBBM DIKIRIM LEWAT PIPA KE PLUMPANG KEMUDIAN DISALURKAN.JAWABAN PERTAMINA BISA KLIK ARTIKEL DI BAWAH".

Benarkah informasi segera isi BBM karena akan langka akibat Kilang Balongan kebakaran? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

Penulis: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6.com

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya