Hyundai Hidupkan Lagi Elantra Blue?

Oleh Redaksi Otosia pada 16 Mar 2012, 13:45 WIB
Diperbarui 16 Mar 2012, 13:45 WIB
Hyundai Elantra Blue
(Foto: Leftlanenews)
Hyundai Elantra Blue (Foto: Leftlanenews)
Kapanlagi.com - Hyundai berencana menghidupkan kembali Elantra Blue yang lebih irit dari versi standar. Elantra Blue pernah diperkenalkan tahun 2010 lalu dengan transmisi manual dan rasio roda gigi khusus untuk mencapai ekonomi bahan bakar yang lebih baik.

Otosia.com Pada situs Environmental Protection Agency (EPA) AS disebutkan, Hyundai Elantra Blue memiliki nilai ekonomis BBM sebesar 34 mpg dari gabungan penggunaan dalam kota dan jalan tol, lebih baik 1 mpg dari Elantra standar yang mencapai 33 mpg. Baik Elantra Blue maupun Standar mencapai ekonomi BBM 40 mpg untuk jalan bebas hambatan.

"Hyundai melanjutkan kajian penerapan teknologi start-stop dalam kendaraan kami. Hyundai mencoba melihat manfaat keterkaitan antara teknologi start-stop dengan pengujian EPA, meski rencana untuk menjual Elantra Blue di pasar AS belum selesai," kata perwakilan Hyundai, Jim Trainor  kepada Leftlane News.

Kendati Hyundai belum mengonfirmasi lebih jauh tentang model tersebut, pabrikan Korea Selatan ini menyatakan akan mengintegrasikan teknologi start-stop pada Elantra Blue. Model hemat BBM ini dinilai cocok mengadopsi start-stop, sebagaimana digunakan pada Kia Rio sedan.

Hyundai mengatakan, jika memang ada perbedaan dalam ekonomi bahan bakar Elantra Blue, mungkin tidak sepenuhnya disebabkan oleh teknologi start-stop. Beberapa waktu lalu, produsen mobil Korea tersebut mengakui bahwa start-stop tidak banyak membantu dalam pengujian EPA.

Kemungkinan ada beberapa perubahan lain untuk membantu Elantra Blue mencapai tingkat ekonomi bahan bakar yang diinginkan disamping start-stop, terutama ketika digunakan di perkotaan.

Meski website resmi EPA menyebut Elantra Blue akan datang dengan kapasitas mesin 2.0-liter pada tahun 2013, hal tersebut diragukan. Seperti diberitakan leftlanenews.com, versi 1.8-liter yang digunakan pada Elantra 2012 telah mendapat konfirmasi untuk tetap digunakan pada model 2013 dengan beberapa penyempurnaan.

Teka-teki powertrain Elantra Blue akan terjawab pada gelaran New York International Auto Show bulan depan.  (kpl/nzr/bun)

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini
Berita Terkini Selengkapnya