Oknum Polisi Larang Pengendara Rekam Video

Oleh Redaksi Otosia pada 04 Des 2013, 08:15 WIB
Diperbarui 04 Des 2013, 08:15 WIB
Oknum Polisi Larang Pengendara Rekam Video (Youtube)
Oknum Polisi Larang Pengendara Rekam Video (Youtube)

Otosia.com Dalam video ini, seorang polisi muda melarang pengendara untuk merekam kegiatannya di jalan raya. Rekaman ini diunggah oleh Yayu Aw Unru dalam akun facebooknya pada Sabtu, (30/11) kemarin.

Awalnya terlihat dua orang polisi menyuruh minggir sebuah mobil MPV, kemudian pengendara di belakang ini merekam kegiatan tersebut. Setelah itu, salah seorang polisi melihat pengendara ini merekam, polisi tersebut mendatangi perekam sambil menanyakan izin dari kepolisian.

Yayu juga menjelaskan kronologi yang dialami dalam komentar video yang dia upload. "Memang agak seru juga ketemu polisi yang masih sangat muda, yang kemungkinan baru lulus dari pendidikan. Saya akhirnya bilang ke polisi itu (bapak ini kayaknya terlambat lahir ya? Kita ini udah berkali-kali ganti presiden dan sekarang bukan lagi zamannya Orde Baru yang apa-apa dilarang!), dia tambah ngotot".

Mendengar alasan Yayu polisi malah mengancam. "Terus dia ngancam saya mau dibawa ke Polda, dan saya iyakan. Terus dia malah menanyakan SIM. saya bilang apa urusannya ngerekam dengan SIM? dia makin marah" ungkap Yayu.

Beruntung suasana agak mereda, setelah polisi yang satunya ikut dalam perdebatan tersebut. "Nggak lama kemudian karena suasana makin panas rekannya yang agak lebih tua dan bijaksana coba menenangkan. Saya jelaskan bahwa saya punya hak untuk merekam dengan alasan bahwa bila seandainya terjadi kejahatan suap maka saya bisa bersaksi dengan hasil rekaman saya dan kalau memang tidak, maka saya akan hapus hasil rekaman. Polisi yang pertama makin emosi mendengar alasan saya. Tapi sepertinya ia diberi kode oleh rekannya yang lebih tua dengan tangan agar mengontrol diri," imbuhnya tulisan Yayu.

Setelah perdebatan tersebut Yayu kemudian dipersilakan untuk melanjutkan perjalanan oleh polisi yang lebih tua. Namun menurutnya ini justru menjadi peristiwa aneh. "Setelah saya dipersilahkan tersebut, kemudian polisi muda itu mengeluarkan HP yang cukup mahal dan balik merekam saya, terus saya bilang bapak nggak perlu minta izin untuk merekam saya," tutup Yayu dalam penjelasan dikomentarnya.

Berikut videonya sudah di upload dalam akun Youtube:

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/rd)

Tag Terkait

Berita Terkini Selengkapnya