Pasar Mobil China VS Indonesia

Oleh Redaksi Otosia pada 18 Apr 2013, 08:15 WIB
Diperbarui 18 Apr 2013, 08:15 WIB
Ilustrasi Lalu lintas di China
Ilustrasi Lalu lintas di China

Otosia.com China dengan jumlah penduduk besar secara langsung berdampak pula pada permintaan mobil. Oleh karenanya, Daihatsu pun berkaca pada China sebagai negara dengan penduduk terbesar dan nomor satu dalam penjualan mobil.

Tentang bagaimana meningkatkan produksi di tanah air, produsen tersebut menyebutkan bahwa ada sejumlah tantangan yang memang harus diarahkan dengan baik oleh pemerintah.

"Tantangannya? Jalan-jalan di China itu sudah dipersiapkan, walaupun belum ada mobilnya. Kebalikan dari kita, infrastruktur di kita bergerak lambat," ungkap Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor.

Ia juga mengharapkan bahwa pasar mereka di pelosok juga menjadi perhatian. Jalan-jalan di desa-desa juga perlu dibangun. "Kalau pemerintah di desa-desa jalannya disiapkan; lalu kalau pabrik, pabrik perlu listrik, listrik disediakan, kemudian disiapkan tenaga kerja yang mampu terampil ilmu industri, nah tantangannya itu," tambahnya.

Penjualan Daihatsu sendiri hingga Maret lalu saja sudah 15.788 unit. Penjualan terbanyak masih dipegang oleh All-New Xenia di kelas low-MPV dengan catatan angka 7.141 unit atau 45,2 persen dari total penjualan Daihatsu.

Posisi selanjutnya diisi oleh Gran Max yang terjual sebanyak 4.967 unit atau menyumbang 31,4 persen total penjualan brand tersebut. Sementara itu, Daihatsu Terios di kelas SUV terjual sebanyak 2.486 unit.

Video Terpopuler saat Ini
 (kpl/why/vin)
Berita Terkini Selengkapnya