Datsun Bangun Pabrik Mobil Murah

Oleh Redaksi Otosia pada 01 Mar 2013, 17:50 WIB
Diperbarui 01 Mar 2013, 17:50 WIB
Datsun Mobil (Harianmobil)
Datsun Mobil (Harianmobil)

Otosia.com Nissan menginvestasikan dana US$320 juta di India, rencananya akan digunakan untuk membangun pabrik baru Datsun. Pabrik baru Datsun itu kelak akan digunakan untuk memproduksi berbagai model mobil berharga murah, sebagaimana Renault-Nissan.

Lokasi pabrik Datsun itu berada di Oragadam, di Chennai di samping pabrik aliansi Renault-Nissan. Investasi besar ini juga akan menghasilkan banyak lapangan pekerjaan baru.

Chennai yang berada di India Selatan ini telah lama dikenal sebagai Detroit dari timur karena banyak berdiri pabrik-pabrik otomotif.

Rencananya pabrik ini akan memproduksi mobil pada akhir 2014 dengan jumlah produksi mencapai 200.000 ribu mobil per tahun, seperti dilansir IndianCarsBikes, Jumat 01/02.

Untuk masa mendatang pabrik Datsun baru ini diharapkan akan diperluas untuk peningkatan kapasitas produksi untuk mengantisipasi kemungkinan meningkatnya permintaan pasar terhadap produk Datsun. Sekaligus untuk memenuhi kebutuhan ekspor ke Asia dan Afrika.

Mobil murah Datsun di India akan diberi nama "K2" secara lebih mendetail bakal diungkap di pertengahan tahun ini. Setelah benar-benar jadi mobil ini akan dijual di Indonesia, Rusia, dan di India. Mobil berbasis Nissan Micra ini akan dibandrol sekitar INR 3-4 lakhs dan diluncurkan secara resmi pada 2014 di India Auto Expo.

Video Terpopuler saat Ini
 (kpl/rd)
Berita Terkini Selengkapnya