Nissan SSS Incar "Duet" Toyota 86 - Subaru BRZ

Oleh Redaksi Otosia pada 27 Des 2012, 21:09 WIB
Diperbarui 27 Des 2012, 21:09 WIB
Nissan SSS
(Foto: Carscoop)
Nissan SSS (Foto: Carscoop)

Otosia.com Duet Toyota 86 dan Subaru BRZ menginspirasi seorang mahasiswa pascasarjana jurusan Desain Industri di Universitas Wayne State, Detroit, Michigan, Amerika Serikat, untuk mendesain sebuah mobil tandingan kedua mobil sport tersebut.

Mike Enayah, nama mahasiswa tersebut, menggugah Nissan untuk merealisasikannya, dengan menghidupkan kembali salah satu model lawas SSS (triple S), yang sempat melegenda melalui brand Datsun.

Enayah pernah bekerja untuk General Motors dan terlibat mendukung pameran otomotif terkenal di Amerika Serikat, SEMA. Pada karya ilmiah berjudul "SSS Concept", Enayah menawarkan sebuah model untuk menyaingi Subaru BRZ, Toyota 86 atau Scion FR-S.

"Saya selalu mencari figur mobil impian untuk saya setiap hari buat bekerja dengan jarak tempuh 130 mil (209 km). Saya melihat Mustang GT dan Subaru BRZ, tetapi tidak terlalu bersemangat. Mustang terkenal boros sedangkan desain BRZ kurang macho. Alternatif yang bisa dipilih adalah Nissan Fairlady Z (370Z) tetapi mahal," ujar Enayah.

Ia memulai proyeknya dan berharap Nissan tergugah untuk menghidupkan kembali model SSS. "Mobil ini merupakan generasi penerus SSS yang diberi nama 010 dengan mesin V6, gerak belakang, bertenaga  250 PS dan torsi 4.200 Nm. Harganya dimulai dari US$ 24.500 (Rp. 237,1 juta) per unit," imbuhnya.

Video Terpopuler saat Ini
 (kpl/bun)
Berita Terkini Selengkapnya