Toyota Nav1 VS New Serena, Hemat Mana?

Oleh Redaksi Otosia pada 12 Des 2012, 18:25 WIB
Diperbarui 12 Des 2012, 18:25 WIB
Toyota Nav1 dan New Serena
(Foto: Tatan Rustandy)
Toyota Nav1 dan New Serena (Foto: Tatan Rustandy)

Otosia.com Toyota Nav1 sudah ambil start lebih dulu untuk kembali meramaikan tren MPV di Indonesia, khususnya di segmen menengah premium. New Serena pun sebentar lagi akan hadir setelah Nav1.

Keduanya serupa dan sama-sama memiliki senjata untuk menekan angka konsumsi bahan bakar. Keduanya sama-sama memakai mesin 2.000 cc.

Toyota Nav1 yang dipasarkan mulai dari harga Rp. 378 juta ini memiliki Valvematic. Teknologi ini menawarkan penyesuaian secara terus-menerus untuk mengangkat volume dan waktu dalam sistem buka tutup katup sehingga mengontrol campuran bahan bakar dan udara. Sistem ini memungkinkan kepala silinder untuk tetap pada ketinggian yang sama.

Pada kesempatan peluncuran Toyota Nav1 lalu, Hideki Mizuma selaku Chief Engineer ZH Product Planning Group Toyota Motor Corporation menyebut bahwa teknologi tersebut menyumbang aspek efisiensi bahan bakar sehingga dalam tes di Jepang menghasilkan konsumsi bahan bakar satu liter untuk 13,6 kilometer. Kondisi ini tentu berbeda jika Nav1 "berkenalan" dengan ganasnya kemacetan Ibu Kota.

Lalu Serena model baru sendiri seperti sudah disampaikan akan memiliki fitur idle start-stop. Jika mobil terjebak macet total dan berhenti atau saat berada di lampu merah, maka mesin akan mati tetapi dalam kondisi siap sedia atau stand-by.

Fitur ini bolehlah dibilang "memahami" kondisi jalan kota yang sebentar-sebentar harus antri gara-gara banjir, antri gara-gara jam berangkat-pulang kantor, dan antri-antri lainnya. Apakah konsumennya nanti lebih sering kena macet total atau banyak lampu merah, atau tetap bisa jalan walau merayap, inilah yang bisa menjadi pertimbangan.

Soal tenaga, mesin Serena mengeluarkan tenaga 147 hp pada 5.600 rpm dengan torsi 210 Nm pada 4.400 rpm. Sementara itu, Nav1 lebih besar dengan 154 hp yang memungkinkannya meraih waktu 9,8 detik untuk sampai kecepatan 100 km/jam dengan kecepatan maks 175 km/jam.

Video Paling Dicari saat Ini
 (kpl/why/bun)
Berita Terkini Selengkapnya