Honda Indonesia Ajukan Impor CRZ

Oleh Redaksi Otosia pada 13 Sep 2012, 18:35 WIB
Diperbarui 13 Sep 2012, 18:35 WIB
Honda CR-Z
Honda CR-Z

Otosia.com PT Honda Prospect Motor (HPM) akhirnya memperjelas niatnya untuk menghadirkan coupe hybrid sport CR-Z di Indonesia, setelah mendaftarkan pengajuan impor ke Kementerian Perindustrian. Tercatat dua tipe dalam data tersebut, yakni transmisi manual dan CVT (matik), dengan tanggal pengajuan 10 September lalu.

Honda Prospect sebelumnya memang disinyalir akan menyambut tren ramah lingkungan, sementara Toyotaakan menghadirkan generasi baru Prius. Mereka pun memanfaatkan kesempatan IIMS 2012 sebagai ajang perkenalan, dan sebuah sumber menyebut bahwa mereka juga akan menjualnya.

"(CRZ) Dipamerkan dan dijual," ujar sumber tersebut.

Hatchback sport hibrida yang dipesan berkapasitas mesin 1.500 cc. Ia menggunakan mesin 4-silinder SOHC i-VTEC plus motor listrik yang dapat mengerahkan tenaga total 122 PS dan torsi 128 Nm. Sementara itu, baterainya berbahan nickel metal hydride (Ni-MH) 5,75 Ah dan transmisi manual 6 percepatan dan CVT.

Honda CR-Z memiliki pengaturan tempat duduk 2+2 dan transmisi manual secara standar. CR-Z dianggap sebagai penerus Honda CR-Xdan dikategorikan Kendaraan Advanced Technology Partial Zero Emissions (AT-PZEV) seperti yang didefinisikan oleh California Air Resources Board (CARB). CR-Z dan dilengkapi dengan transmisi manual 6-percepatan dan CVT.

CR-Z pertama kali diluncurkan dengan nama Insight 3 pintu hatchback yang dimulai di Jepang pada bulan Februari 2010, sementara di Amerika Serikat mulai Agustus 2010.

Di Indonesia sendiri, CRZ sudah dipasarkan oleh importir umum dengan harga termahal Rp. 645 juta. Jika HondaIndonesia jadi memasarkannya, diharapkan harga jualnya lebih bersahabat.

 (kpl/nzr/bun)

Sebelum GIIAS 2022
Berita Terkini Selengkapnya