Lorenzo: Marquez Berperan Besar Ubah Mindset Semua Rider

Oleh Redaksi Otosia pada 18 Des 2015, 14:00 WIB
Diperbarui 18 Des 2015, 14:00 WIB
Marc Marquez dan Jorge Lorenzo © AFP
Marc Marquez dan Jorge Lorenzo © AFP

Otosia.com Pebalap Movistar Yamaha MotoGP sekaligus juara dunia 2015, Jorge Lorenzo meyakini pebalap Repsol Honda, Marc Marquez punya pengaruh besar dalam mengubah mentalitas seluruh pebalap MotoGP sejak kedatangannya di kelas tertinggi pada tahun 2013 lalu.

Lorenzo yang langsung sengit melawan Marquez pada musim itu, berpendapat mentalitas Marquez berbeda dengan rival-rival pendahulunya seperti Casey Stoner dan Dani Pedrosa. Tak hanya mengusung kecepatan tinggi, Marquez dinilai Lorenzo juga ambisius setiap kali membidik kemenangan.

"Ketika Marc naik ke MotoGP pada tahun 2013, ia memberikan dorongan besar bagi seluruh peserta. Tak hanya dengan kecepatannya, tapi juga sikap ambisius yang membuatnya mampu memenangkan setiap balapan. Ia tak pernah puas finis kedua, bahkan di sirkuit-sirkuit yang tidak ia suka," ujar Lorenzo kepada MotoGP.com.

Por Fuera pun mengaku era rivalitasnya melawan Stoner dan Pedrosa begitu berbeda ketika melawan Marquez. Menurutnya, Stoner, Pedrosa dan dirinya sendiri hanya berusaha maksimal di lintasan-lintasan favorit mereka, sementara Marquez berusaha menaklukkan semua sirkuit dan tak pernah puas bila belum menang.

"Sebelum kedatangannya, saya, Casey dan Dani mencoba memenangi balapan di mana kami memang lebih kuat, sementara yang lain akan puas-puas saja finis kedua atau ketiga. Kedatangan Marc memaksa kami melakukan apa yang ia lakukan, yakni merebut kemenangan setiap waktu. Dalam hal ini, ia mengubah mindset semua pebalap," tutup Lorenzo.

Video Terpopuler saat Ini
 (kpl/kny)
Berita Terkini Selengkapnya