Mobil Sport Terlaris Di Dunia

Oleh Redaksi Otosia pada 18 Jan 2016, 21:45 WIB
Diperbarui 18 Jan 2016, 21:45 WIB
Mazda Miata MX-5
Mazda Miata MX-5

Otosia.com Mazda MX-5 pertama kali diperkenalkan kepada publik pada Februari 1989 di Chicago Auto Show. Sebulan kemudian, muncul lah Eunos Roadster di markas besar Mazda di Hiroshima, Jepang.

Tidak lama kemudian, Mazda Miata hadir di Eropa. Meskipun dijual dengan berbagai nama, Mazda MX-5 tetap menawarkan hal yang sama, yaitu kenikmatan dalam berkendara.

Mengusung filosofi Jinba-ittai yang berarti keharmonisan atau keselarasan antara kuda dengan pengendaranya, Mazda MX-5 dibekali dengan mesin yang relatif kecil, berat keseluruhan yang ringan, dan pengendalian yang tajam membuatnya terasa seperti mobil sport Inggris yang klasik dan disukai banyak kalangan.

Pada 1993, dikarenakan aturan emisi, membuat Mazda harus mengganti mesin ke unit 1.800cc. Baru dua tahun kemudian Mazda memberi penyegaran besar-besaran serta meningkatkan performa dengan kopling yang lebih ringan dan manajemen mesin yang memberikan tenaga lebih.

Mazda MX-5 generasi pertama

Di tahun 1999, Mazda MX-5 melakukan perubahan total. Dimulai dengan lampu pop-up digusur dengan lampu fixed yang mengikuti garis tubuh baru menjadikan MX-5 terlihat lebih berotot.

MX-5 generasi kedua ini pun berhasil menjaga berat keseluruhan lebih berimbang sehingga pecintanya tetap banyak dan semakin bertambah. Hal ini didukung dengan penghargaan dari Guinness Book of World Record kepada Mazda MX-5 sebagai mobil sport terlaris di Dunia sepanjang masa.

Pada pameran Geneva Motor Show 2005, publik dikejutkan dengan kehadiran generasi ketiga dari MX-5.

Dengan tetap mengusung filosofi Jinba-ittai, teknisi Mazda berhasil membuat MX-5 terlihat lebih besar dan berotot tanpa penambahan berat yang signifikan.

Sampai hari ini, Mazda MX-5 telah terjual lebih dari 900 ribu unit dan terus bertambah. Dengan hadirnya MX-5 generasi keempat tahun 2016, pecintanya telah menunggu.

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/fdk)
Berita Terkini Selengkapnya