Rider MotoGP Keluhkan ECU, Dorna Tak Ambil Pusing

Oleh Redaksi Otosia pada 14 Des 2015, 12:00 WIB
Diperbarui 14 Des 2015, 12:00 WIB
Valentino Rossi © Yamaha MotoGP
Valentino Rossi © Yamaha MotoGP

Otosia.com CEO Dorna Sports selaku promotor MotoGP, Carmelo Ezpeleta menyatakan pihaknya tak ambil pusing soal keluhan para pebalap papan atas soal perangkat elektronik (ECU) terbaru dari Magneti Marelli yang mereka jajal dalam uji coba pascamusim di Valencia dan Jerez, Spanyol.

Kepada Speedweek, Ezpeleta menganggap wajar keluhan Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Marc Marquez, Dani Pedrosa dan Stefan Bradl, mengingat ECU ini masih dalam tahap pengembangan dan belum bisa menyamai level kinerja ECU pabrikan 2015.

"Mungkin ECU ini seperti sebuah kemunduran, tapi kami tak menerima komplain serius. Para pebalap berkata ECU ini lebih buruk ketimbang software ECU pabrikan. Tentu, tapi situasinya "kan sama untuk semua orang. Tak ada orang yang pernah mengklaim bahwa ECU ini akan sama dengan ECU 2015. Intinya, tujuan kami adalah memberikan ECU seragam untuk tim dan para pebalap," ujarnya.

Ezpeleta pun meyakinkan bahwa ECU terbaru ini akan bekerja lebih baik secara bertahap. "Jika ada yang salah pada ECU ini, maka akan diperbaiki. Tahap pengembangan ini berada di jalur yang benar. Banyak juga pebalap yang berkata bahwa ECU ini bekerja dengan baik. Tapi tentu ini bukan versi final, masih banyak yang harus diperbaiki dan ditingkatkan," pungkasnya.

Video Terpopuler saat Ini
 (kpl/kny)
Berita Terkini Selengkapnya