Casey Stoner-Ducati Berpotensi "CLBK" di MotoGP 2016

Oleh Redaksi Otosia pada 12 Nov 2015, 13:00 WIB
Diperbarui 12 Nov 2015, 13:00 WIB
Casey Stoner © AFP
Casey Stoner © AFP

Otosia.com Juara dunia MotoGP 2007 dan 2011, Casey Stoner berpeluang kembali bergabung dengan Ducati tahun depan, demikian yang dinyatakan Sporting Director Ducati Corse, Paolo Ciabatti kepada Speedweek di sela uji coba pascamusim di Valencia, Spanyol pada hari Rabu (11/11).

Stoner membela Ducati pada tahun 2007-2010 dan tercatat sebagai pebalap tersukses dalam sejarah pabrikan Italia tersebut. Pebalap Australia ini tercatat mengoleksi 23 kemenangan bersama Ducati, dan meraih gelar dunia 2007, sebelum hijrah ke Repsol Honda pada tahun 2011 dan pensiun dini dalam usia 27 tahun pada akhir 2012.

Meski begitu, bila "CLBK" ini terwujud, Stoner "hanya" akan menjadi test rider. Kabarnya, dalam kontrak Stoner nanti akan dimasukkan beberapa jatah wildcard untuk turun balapan tahun depan. Sementara nasib test rider resmi Ducati saat ini, Michele Pirro belum ditentukan.

Casey Stoner saat masih membela Ducati. © MotoGP.com

"Casey adalah pahlawan Ducati. Ia memenangkan banyak balapan dan merebut gelar dunia 2007 bersama kami, lalu hengkang pada akhir 2010. Sejak itu, ia selalu terikat kontrak dengan Honda. Meski begitu, ia terus hidup di hati pada penggemar Ducati. Casey juga punya hubungan baik dengan para pekerja kami," ujar Ciabatti.

Saat ini, Stoner masih menjabat sebagai test rider resmi Honda Racing Corporation (HRC), membantu Marc Marquez dan Dani Pedrosa mengembangkan RC213V. Bila hijrah ke Ducati, maka ia akan membantu Andrea Iannone dan Andrea Dovizioso mengembangkan Desmosedici.

Ketika ditanya apakah ada niatan Ducati "merebut" Stoner dari HRC, Ciabatti tidak membenarkan maupun membantah. "Kita lihat saja apa yang akan terjadi nanti. Tentu kami akan senang bila bisa kembali bekerja sama dengan Casey. Hanya itu yang bisa saya katakan saat ini, karena Casey masih punya kontrak dengan Honda hingga akhir musim," tutupnya.

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/kny)
Berita Terkini Selengkapnya