Honda HR-V dan Jazz Raih Peringkat Safety Tertinggi!

Oleh Redaksi Otosia pada 07 Nov 2015, 14:45 WIB
Diperbarui 07 Nov 2015, 14:45 WIB
Image courtessy: EURO NCAP
Image courtessy: EURO NCAP

Otosia.com EURO New Car Assessment Program alias EURO NCAP, yang tugasnya memastikan kelayakan keamanan mobil-mobil anyar sebelum turun ke pasar Eropa, baru saja rampung "menyiksa" dua punggawa kebanggaan Honda yakni HR-V dan Jazz dalam sesi uji tabrak belum lama ini.

Hasil crash test HR-V serta Jazz itu pun tak kalah memuaskan dari dua saudara mereka yang lebih dulu diuji, yakni Honda Civic dan CR-V, yang mana keduanya sukses meraih skor tertinggi 5 bintang.

Rangkaian tes oleh EURO NCAP yang wajib dilewati meliputi frontal offset crash test yang dilakukan dalam kecepatan 64km/jam, full width test yang menabrakkan keseluruhan bagian depan mobil ke tembok di kecepatan 50 km/jam, side impact, pole test, pedestrian safety dan beberapa tes lainnya.

Sang "urban SUV" Honda HR-V, sesuai rilis di laman resmi EURO NCAP, diganjar rating 5-star setelah melewati semua rangkaian tes tersebut dengan skor perlindungan penumpang dewasa 86%, perlindungan penumpang anak-anak 79%, pejalan kaki 72% dan safety assist di 71%.

Catatan yang diperoleh Honda Jazz justru menunjukkan nilai yang lebih tinggi dengan perlindungan penumpang dewasa hingga 93%, penumpang anak-anak 85%, pejalan kaki 72% dan safety assist 71%. Makanya tak heran kalau city car trendi tersebut dianggap layak menyandang peringkat 5-star oleh EURO NCAP.

Kedua model kebanggaan Honda yang menjalani tes tersebut merupakan versi Eropa yang fitur keselamatan dan pencegah kecelakaannya sudah terbilang lengkap.

Sebut saja City-Brake Active System (CTBA), Intelligent Speed Limiter, Lane Departure Warning, Forward Collision warning, Traffic Sign Recognition System dan High-beam Support System sudah tertanam di dalam Honda HR-V dan Jazz di Eropa.

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/sno)
Berita Terkini Selengkapnya