Nicky Hayden Resmi Jadi Legenda MotoGP Ke-22

Oleh Redaksi Otosia pada 07 Nov 2015, 12:00 WIB
Diperbarui 07 Nov 2015, 12:00 WIB
Nicky Hayden © MotoGP.com
Nicky Hayden © MotoGP.com

Otosia.com Pebalap Power Electronics Aspar sekaligus juara dunia 2006, Nicky Hayden resmi dinobatkan sebagai Legenda MotoGP ke-22 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol pada hari Jumat (6/11). Nama Hayden pun diperkenalkan masuk dalam World Championship Hall of Fame oleh CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta.

Hayden menjalani debut di MotoGP 2003 bersama Repsol Honda dan bertandem dengan Valentino Rossi setelah sukses menjadi juara AMA Superbike termuda dalam sejarah pada tahun 2002. Sepanjang karirnya di kelas tertinggi, ia mengoleksi 28 podium, yang tiga di antaranya merupakan kemenangan. Pada tahun 2006, ia pun berhasil merebut gelar dunia setelah mematahkan rekor lima gelar beruntun milik Rossi.

Kini nama pebalap Amerika Serikat inipun bersanding dengan 21 legenda lainnya, yakni Giacomo Agostini, Mick Doohan, Geoff Duke, Wayne Gardner, Mike Hailwood, Daijiro Kato, Eddie Lawson, Anton Mang, Angel Nieto, Wayne Rainey, Phil Read, Jim Redman, Kenny Roberts, Jarno Saarinen, Kevin Schwantz, Barry Sheene, Marco Simoncelli, Freddie Spencer, Casey Stoner, John Surtees dan Carlo Ubbiali.

Nicky Hayden © MotoGP.com

Musim depan, pebalap berjuluk The Kentucky Kid ini hijrah ke World SBK bersama Honda dengan mengendarai motor CBR1000RR Fireblade SP. Ia menggantikan juara World SBK 2014, Sylvain Guintoli dan bertandem dengan juara World Supersport 2014, Michael van der Mark.

Pernyataan resmi Nicky Hayden melalui MotoGP.com:

"Saya merasa sangat terhormat mendapatkan gelar ini. Saya tak menganggapnya enteng, saya tahu pebalap yang tergabung dalam klub ini punya karir gemilang dan jelas menang lebih banyak dari saya, tapi nyatanya saya tergabung juga! Saya sangat senang. Selama 13 tahun saya makan, bernapas dan tidur di MotoGP. Waktu yang saya habiskan di sini begitu menakjubkan. Tentu dua tahun terakhir sangat berat, tapi saya menikmati setiap menitnya, bekerja dengan banyak tim hebat dan mengendarai motor-motor yang hebat pula. Saya ingin berterima kasih kepada semua orang yang telah mendukung saya selama ini, tim-tim dan keluarga saya, saya menghargai semuanya."

Pernyataan resmi Carmelo Ezpeleta:

"Bagi kami semua, sangat menyenangkan bisa memberikan gelar ini kepada Nicky. Ini bukan hanya karena Anda merupakan juara dunia dan karena Anda merupakan salah satu pebalap dengan jumlah start terbanyak di kelas tertinggi, melainkan juga karena tingkah laku Anda selama bertahun-tahun, sportivitas Anda dan juga spirit pertemanan Anda. Sangat menyenangkan menganggap Anda sebagai salah satu legenda kami. Terima kasih atas segala hal yang telah Anda lakukan untuk olahraga ini selama bertahun-tahun."

Video Terpopuler saat Ini
 (kpl/kny)
Berita Terkini Selengkapnya