Banjir Upgrade, New Kawasaki ZX-10R Siap "Jegal" Popularitas R1

Oleh Redaksi Otosia pada 09 Okt 2015, 13:15 WIB
Diperbarui 09 Okt 2015, 13:15 WIB
Kawasaki ZX-10R 2016 by Kawasaki
Kawasaki ZX-10R 2016 by Kawasaki

Otosia.com Setelah beberapa waktu lalu ramai menjadi bahan perbincangan soal sosok baru Kawasaki ZX-10R, sang jagoan yang mengantarkan Jonathan Rea menggondol gelar juara dunia World Superbike Championship (WSBK) 2015 tersebut akhirnya menampak diri seutuhnya.

Sesuatu yang diidam-idamkan akan perubahan signifikan akhirnya terlahir. Luar biasanya, para engineers Kawasaki serius mengubah total karakter ZX-10R dengan peranti khusus mulai dari rangka, tampilan, hingga elemen dapur pacu terupdate.

Dengan kekuatan 200 hp, ZX-10R untuk tahun depan tersebut masih sama seperti model sebelumnya, walaupun dengan setingan ram-air, ia masih sanggup digeber hingga 207 hp. Sedangkan torsi dipastikan naik tipis dengan total 113,5 Nm pada 11.500 rpm. Bobotnya pun lebih bongsor 5 kg sehingga untuk keseluruhan didapati angka 206 kg.

Secara singkat, porsi power besar itu didapat dari konfigurasi baru berupa revisi cylinder head, titanium exhaust dan electronic throttle valves. Bagian teknologi elektronik disematkan pada traction control, launch control, ABS, engine braking control, dan fitur quick shifter.

Beranjak ke unsur rangka, Kawasaki ZX-10R 2016 memiliki twin-spar aluminium dan swingarm  lebih panjang 15,8mm. Kawasaki menyebutkan bahwa mereka menggunakan komputer modelling untuk mengasah torsional dan meningkatkan rigidity, yang berarti akan ada kemajuan dalam handling tanpa harus menambah terlalu banyak  bobot motor.

Beranjak ke sektor terluar, Kawasaki sepertinya tidak ingin terlalu beranjak jauh dari si pendahulu. Perubahan paling menonjol masih terletak pada tampilan fairing depan. Sedangkan jok dibuat lebih lebar yang diserasikan oleh bentukan buntut beraksen menyudut.

Kedatangan ZX-10R dengan segudang upgrade tentu saja membawa pengaruh besar di arena WSBK tahun depan. Apalagi, beberapa raksasa otomotif lain seperti Suzuki GSX-R1000, BWM S1000R dan saingan besarnya, All-New Yamaha YZF-R1 sama-sama telah mengambil ancang-ancang.

Kembalinya Yamaha ke pentas superbike adalah sesuatu yang cukup ditunggu setelah sejak 2011 lalu absen. R1 dengan Sylvain Guintoli dan Alex Lowes sebagai rider cukup popular dan diunggulkan bakal menjadi saingan berat bagi Jonathan Rea.

Video Terpopuler saat Ini
 (kpl/sdi)
Berita Terkini Selengkapnya