Hasil Tes Keamanan 4 Mobil Murah Tanah Air

Oleh Redaksi Otosia pada 29 Sep 2015, 22:00 WIB
Diperbarui 29 Sep 2015, 22:00 WIB
Source: ASEAN NCAP
Source: ASEAN NCAP

Otosia.com Di samping menilai dari segi apiknya desain eksterior, kenyamanan ruang kabin dan tarikan performa saat digenjot, masih banyak aspek lain yang wajib dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk meminang sebuah mobil baru, termasuk dari segi keamanan.

Belakangan ini mobil murah ramah lingkungan alias mobil-mobil LCGC menjadi tren yang popularitas dan daya jualnya kian meroket dalam waktu yang terbilang cukup singkat. Namun apakah tunggangan berharga murah tersebut telah disertai kelengkapan safety yang layak?

Menjalankan perannya sebagai lembaga yang memastikan kelayakan sistem safety mobil-mobil baru, ASEAN New Car Assessment Program atau yang lebih mudah dipanggil dengan nama ASEAN NCAP belum lama ini merilis sejumlah data hasil uji tabrak dari 3 mobil murah terpopuler di Tanah Air.

Penasaran? Simak data selengkapnya berikut ini.





Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/sno)

Toyota Agya

Toyota Agya

Sebagai salah satu mobil terbaru di lini LCGC terbaru Indonesia, Toyota Agya memperoleh hasil crash test yang cukup memuaskan dari ASEAN NCAP yakni dengan meraih skor total 4 bintang.

Dilengkapi dua airbag di bagian depan untuk melindungi pengemudi dan penumpang, seat belt dengan pretensioner dan force limiter serta teknologi ABS, Toyota Agya sukses mencetak skor 12.84 point dalam perlindungan penumpang dewasa alias Adult Occupant Protection (AOP).

Selain itu, demi memaksimalkan keamanan dan keselamatan bagi penumpang bay dan balita, Toyota melengkapi Agya dengan ISOFIX yang mengoptimalkan ikatan jok khusus bayi yang melindungi si bayi dari terhempas saat terjadi kecelakaan yang memberikan lantas menghasilkan hasil 82% untuk Children Occupant Protection (COP).

Datsun Go

Datsun Go

Popularitasnya meroket pasca dirilis awal tahun 2014 lalu sebagai salah satu mobil murah yang dicanangkan oleh pemerintah, Datsun Go kembali menjalani crash test setelah beberapa waktu silam sempat dinyatakan gagal uji tabrak.

Dari data yang dirilis di laman resmi ASEAN NCAP, uji tabrak terbaru hatchback mungil berharga miring ini mengalami perkembangan. Tak lagi memperoleh zero star alias nol bintang, Datsun Go kini diganjar 2 bintang.

Beragam perbaikan telah disematkan demi meningkatkan kualitas, mulai dari penguatan rangka, kualitas bahan yang lebih baik, tak ketinggalan dengan airbag dan fitur seperti Electronic Stability Control (ESC) dan Seatbelt Reminder kini tersaji dalam tubuh si hatchback mini.

Daihatsu Ayla

Daihatsu Ayla

Giliran Daihatsu, ada dua tipe Ayla yang menjalani uji tabrak oleh ASEAN NCAP, yakni versi Ayla dengan 2 airbag dan Ayla non-airbag. 

Model pertama, yakni varian Ayla yang sudah dilengkapi dengan double airbags di kabin bagian depan, mencetak skor lumayan dengan 4 bintang untuk Adult Occupant Protection dan 3 bintang untuk Child Occupant Protection. 

Daihatsu Ayla Non Airbags

Daihatsu Ayla Non Airbags

Berbeda dengan sebelumnya, hasil tes tabrak model kedua Daihatsu Ayla yang diuji oleh ASEAN NCAP alias tipe Ayla non-airbag menunjukkan penurunan yang mengejutkan.

Hanya dengan absennya kedua airbags di bagian kursi depan, value varian Ayla yang berbagi platform dengan Perodua Axia ini berbeda jauh, yakni dengan skor 1 bintang untuk perlindungan penumpang dewasa dan 2 bintang untuk perlindungan anak-anak.

Lansiran dari laman resmi ASEAN NCAP Ayla non-airbags hanya mampu memperoleh skor 1 bintang akibat dari tingginya risiko cedera fatal hingga kematian yang disebabkan oleh benturan terhadap lingkar kemudi saat terjadi kecelakaan.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya