9 Keunggulan Pengemudi Wanita dibanding Pria

Oleh Redaksi Otosia pada 29 Sep 2015, 12:15 WIB
Diperbarui 29 Sep 2015, 12:15 WIB
Pengemudi wanita (foto: istimewa)
Pengemudi wanita (foto: istimewa)

Otosia.com Siapa bilang mbak-mbak, emak-emak, tante-tante, cece-cece para makhluk "Planet Venus" tak bisa menyetir dengan baik? Memang selama ini banyak sekali pemahaman yang simpang siur bagaimana cara menyetir mobil dari para wanita sering dikeluhkan para pengguna jalan, bahkan oleh para wanita lainnya itu sendiri.

Dengan kontrol emosi yang terkadang berlebihan, kemungkinan hormon tak terkendali yang muncul saat menstruasi serta penggunaan perasaan yang terkadang lebih dominan dari logika terkadang menimbulkan persepsi bahwa para wanita tak bisa menyetir dengan biasa saja, tapi lebih pakai "hati".

Tapi terlepas itu semua, ternyata banyak hal yang bisa membuat wanita justru terlihat lebih keren daripada pria untuk urusan menyetir mobil. Mau tahu Otolovers? Nih dia, coba kasih lihat ke mantan pacar kamu gih, siapa tahu mau balikan sama kamu, Otolovers!

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/fjr)

Teliti

Teliti

Betul! Harus diakui bahwa para pria adalah para petrolheads yang menjalankan mobil dengan "rutinitas". Istilahnya, jika tidak dirasa ada mengganggu pada mobil, dan mobil terasa oke-oke saja, ya sudah gaspol mobil dan berangkatlah dia.

Berbeda dengan wanita, di banyak kasus wanita yang terlanjur jatuh cinta dengan mobilnya akan jauh lebih teliti untuk memeriksa kondisi mobil. Apakah ada yang salah dengan isi dashboard, jok yang kotor, perlengkapan yang kurang atau bantal mobil yang sudah mulai apek. Intinya adalah, wanita punya kemampuan lebih untuk melihat hal-hal kecil pada mobil yang biasanya lewat dari pengamatan pria.

Memori

Memori

Jika "katanya" mayoritas pria punya kemampuan untuk beradaptasi dengan situasi lalu lintas yang riweuh, dan dengan rambu-rambu lalu lintas yang tidak jelas, maka wanita memiliki ingatan yang luar biasa jika dibandingkan dengan pria.

Secara psikologis sudah cukup jelas karena memang sudah kodratnya, biasanya wanita akan mudah mengungkit masalah masa lalu saat berhubungan dengan pria. Dan bagusnya adalah hal tersebut langsung diterapkan dengan baik ke mobilnya seperti rute-rute yang pernah dilewati, masalah yang diidap si mobil, mobil pernah dipergunakan dengan siapa dan yang lain-lain.

Lebih Pandai

Lebih Pandai

Sebetulnya poin ini agak subjektif, karena pandai itu memang relatif. Pria-pun bisa terlihat lebih pandai di satu hal dan wanita bisa terlihat pintar di hal yang lain. Begitu pula untuk urusan menggas-mengerem mobil. Tak ada yang mutlak untuk yang satu ini.

Namun, di beberapa riset (Salah satunya adalah hasil riset Columbia University dan University of Georgia) mengatakan bahwa wanita umumnya hasil IQ test yang lebih baik. Asumsinya, problem solving seperti memperbaiki mobil, modifikasi maupun bersih-bersih, biasanya bisa diadaptasikan lebih baik oleh wanita dengan sekali belajar saja.

Ikatan Emosi

Ikatan Emosi

Wanita memang tak jauh-jauh dari permainan hati, emosi dan perasaan. Begitu pula dengan mobil yang dimilikinya. Wanita biasanya punya peranan penting atas keberadaan mobil yang dibelinya dengan dirinya sendiri. Berbeda sekali dengan beberapa oknum pria yang punya mobil berbulan-bulan sudah merasa agak "bosan" dengan mobilnya.

Wanita akan merasa bahwa mobil yang ditungganginya setiap hari itu adalah kendaraan yang sudah jadi bagian dari hidupnya. Ada semacam "bonding" antara si wanita dengan mobil yang membuat mobil bisa jadi kekasihnya. Akhirnya mobilnya tersebut akan difoto, dipamerkan, dibanggakan selayaknya pacar yang baru jadian kemarin sore.

Detail

Detail

Pada poin detail ini berkaitan sekali dengan poin ketelitian dan poin memori sebelumnya. Detail di sini menyangkut bagaimana kelebihan wanita untuk merasakan titik-titik kecil perubahan yang ada di dalam mobil yang dinaikinya.

Jika dibandingkan dengan pria, wanita akan lebih peka untuk merasakan ada yang salah dengan cat mobil yang terlihat sudah kusam, gas yang sudah berat, ataupun detail kecil seperti tarikan kopling yang tak semulus biasanya. Yang harus diakui, memang pria terkadang baru merasakan itu jika kendala yang dialami sudah agak parah dengan kalimat khas para pria "Nanti saja...".

Manage Keuangan

Manage Keuangan

Aha! Yang satu ini memang mutlak wanita punya keunggulan dibandingkan dengan pria. Keuangan dan detail, punya satu integrasi yang luar biasa karena otomatis akan menentukan seberapa lama usia uang yang eksis di dalam dompet pemilik mobil.

Pria tak akan pikir panjang, jika memang keadaan sedang mood maka diambil-lah dompet dan kunci mobil, kemudian isi bensin dan kemudian menghabiskan waktu keluar. Wanita biasanya tidak sesederhana itu. Selain harus make up dan bersiap-siap, biasanya di kepala para wanita sudah ada gambaran dan kalkulasi kira-kira habis berapa untuk keluar, maintenance dan pembelian aksesoris, misalnya.

Stress

Stress

Macet, sumpek, panas atau pekerjaan yang menumpuk serta lelah di jalan membuat banyak para pengemudi mobil jadi frustasi. Ujung-ujungnya merasa tertekan dan merasa hidup yang dihadapi monoton dan itu-itu saja. Akhir dari episode adalah Stress dan ketidaknyamanan.

Nah, wanita ternyata punya kemampuan khusus yang tidak dimiliki pria dalam menangani stress yang ditimbulkan oleh kondisi sekitarnya. Itulah mengapa wanita terlihat lebih bisa menangani stress yang diakibatkan pekerjaan dan kondisi jalan macet karena memiliki hormon oksitosin lebih daripada mayoritas pria. Wanita diciptakan punya kekebalan yang lebih tebal daripada pria.

Multitask

Multitask

Salah satu anugerah yang dimiliki oleh wanita adalah kemampuan untuk membagi tenaga jadi ke beberapa jurusan. Punya anak, mengerjakan kegiatan di rumah, bersih bersih sambil memasak adalah sedikit dari kemampuan wanita yang jarang dimiliki oleh pria.

Maka jangan heran banyak sekali wanita yang membawa kursi bayi di bagian belakang mobil, sehingga saat dalam kondisi berhenti di lampu merah, dirinya bisa sambil mengajak si anak ngobrol dan lain sebagainya, meskipun secara teknis yang satu ini agak berbahaya sih. Terlihatlah pria kalah telak di bagian ini.

Seksi

Seksi

Tak ada yang bisa menolak undangan mata dari para wanita karir yang mengenakan kemeja rapi, blouse, celana panjang dengan sepatu wedges, plus berkacamata, turun dari sebuah All New Toyota Yaris dengan seksinya mampu membuat para pria menahan nafas.

Melihat para racer wanita juga memberikan kesan cantik luar biasa, Otolovers. Jika sudah eneg melihat Ken Block, Lewis Hamilton, coba tengok Denica Patrick, Jennifer Jo Cobb atau para penggemar racer lokal ada Diandra Gautama dan Alika Hardianti atau mbak Aleksandra Atmasoebrata. Awas rawan ngiler!

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya