"Kloning" Range Rover Buatan Tiongkok Dijual Bulan Depan

Oleh Redaksi Otosia pada 23 Jul 2015, 11:15 WIB
Diperbarui 23 Jul 2015, 11:15 WIB
Land Wind X7
Land Wind X7

Otosia.com Sekitar bulan November 2014 lalu nama Landwind, produsen mobil yang bermarkas di Tiongkok, seketika menjadi selebriti di otomotif dunia setelah memperagakan SUV bertubuh kekar bernama Landwind X7 yang menjiplak karakter desain fisik keseluruhan milik jawara tersohor asal Inggris, Range Rover Evoque.

Jaguar Land Rover sendiri bahkan sampai murka dan sempat berupaya untuk melayangkan tuntutan ke pihak Landwind yang secara terbuka mengkloning desain mobil mereka. Namun upaya tersebut gagal karena tidak adanya kebijakan Hak Kekayaan Intelektual (Intellectual Property) di Tiongkok yang melarang hal tersebut.

Tak bisa dipungkiri memang SUV hasil copy ini benar-benar menggoda jika dibandingkan mobil "kloningan" bikinan Tiongkok lainnya. Tak cuma segi busana macho ala Range Rover dengan harga yang hanya sepertiga dari aslinya, Landwind tak setengah-setengah mengisi jeroan X7 dengan beragam piranti yang tak kalah menarik.

Sebut saja infotainment system dengan monitor touchscreen 10.2 inch, cruise control, GPS, Bluetooth, Climate Control System, reverse camera, heated mirrors, electric parking brake dan keyless entry & start yang disajikan sebagai standar utama.

Kalau masih kurang, untuk varian teratas ada sunroof berukuran jumbo, sound system dengan 8-speaker, adjustable seats terbungkus material kulit dengan penghangat elektrik, Tire Pressure Monitoring System hingga piranti Lane Departure Warning System.

Menurut hasil laporan oleh Worldcarfans (23/07), Landwind berencana untuk melepas mobil baru yang mengenakan mesin turbocharged 4-silinder 2.0 liter bertenaga 192 hp dengan standar FWD dan opsional AWD tersebut di dataran Tiongkok mulai bulan depan.

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/sno)
Berita Terkini Selengkapnya