Rasa Nasionalisme di Balik Rencana Skuter Peugeot Django Rp 30 Jutaan

Oleh Redaksi Otosia pada 07 Jul 2015, 14:15 WIB
Diperbarui 07 Jul 2015, 14:15 WIB
Foto: Peugeot France
Foto: Peugeot France

Otosia.com Garansindo membeberkan alasan mereka untuk merakit produk skuter premium di Indonesia. Selain adanya keyakinan akan keunggulan produk, baik dari segi estetika model, ukuran tempat duduk, maupun lainnya, pertimbangan matematis dan rasa nasionalis juga diutarakan.

CEO Garansindo Group Muhammad Al Abdullah mengakui bahwa merakit produk tersebut di dalam negeri cenderung lebih menguntungkan. Namun satu aspek lain yang diutamakan adalah menyelamatkan pemasok yang sudah terlanjur tumbuh, tetapi kini terpuruk salah satunya oleh nilai rupiah terhadap dolar Amerika.

"Secara matematika, lebih menguntungkan manufacturing karena suplier suku cadang kita, tier 1, tier 2, tier 3 sudah sangat banyak. Yang saya dengar, tahun 2013, pemasok kita sudah disiapkan untuk kapasitas dua roda untuk 10 juta unit. Maka pemasok tier 1, tier 2, tier 3 itu sudah menambahkan kapasitas masing-masing. Tapi kemudian ekonomi melemah. Yang saya dengar itu untuk motor, dan target pemasok untuk mobil sudah untuk 2 juta unit," ujarnya.

Pemanfaatan para pemasok suku cadang dalam negeri serta-merta akan menyelamatkan bisnis-bisnis kecil tersebut sehingga bisa berjalan.

"CKD atau manufacturing tidak semata untuk mengejar harga. Ingat, kita punya pemasok yang mesti kita selametin, bukan berarti saya sok nasionalis, tapi harus jalan," ujarnya.

 (kpl/why/abe)
Berita Terkini Selengkapnya