Modifikasi R25 Jadi "Naked" MT25, Mungkinkah?

Oleh Redaksi Otosia pada 09 Jun 2015, 11:30 WIB
Diperbarui 09 Jun 2015, 11:30 WIB
MT-25 (foto: arsip Otosia)
MT-25 (foto: arsip Otosia)

Otosia.com Kemunculan MT25 tidak hanya menjawab kepastian dari motor naked pendamping R25 ini di kelas sepeda motor 250 cc yang sedang digandrungi biker sport. Pasalnya, muncul harapan andai-andai apakah modifikasi R25 bergaya naked layaknya MT25 memungkinkan.

M Abidin, GM Service and Motorsport Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, membeberkan sejumlah poin yang membuat hal itu berada pada titik antara mungkin dan sulit. Salah satunya untuk urusan tangki.

"Sebenarnya simpel sih kalau mau ubah ke arah sana, tetapi bagian tangki berbeda sekali. Kalau di handel, itu bisa diubah ya. Tapi bagian tangkinya agak kurang pas kalau diubah sendiri," ujarnya.

Ia lalu menekankan bahwa modifikasi tentunya punya keterkaitan alih-alih pengaruh pada nilai jualanya. Ia sendiri mengatakan bahwa perbedaan utama ada pada lampu depan, handel atau setang, dan tangki bahan bakar.

"Kalau ubahan pabrikan, value-nya sangat berbeda. Meski tidak banyak, bagian headlamp, handel, tank itu paling dominan," ujarnya.

MT25 dijual Rp 46 juta. Ia menggunakan mesin injeksi 250 cc, 2 silinder, DOHC, 8 katup, serta teknologi balap DiAsil Cylinder & Forged Piston, menggunakan transmisi 6-percepatan. Mesinnya berdaya maksimum 26,5 kW pada 12.000 rpm, dan torsi maksimum 22,6 Nm pada 10.000 rpm.

Identitas sebagai bagian dari jajaran MT juga bisa dilihat pada desain tank cover dan desain air shroud yang memberikan citra nan kekar.

MT25 sendiri menggunakan rangka tipe diamond dengan optimum rigidity balance, di samping penempatan mesin yang dalam hal ini merupakan bagian dari rangka sehingga secara keseluruhan menjadi ramping dan kompak.

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini
 (kpl/why/fjr)
Berita Terkini Selengkapnya