Kenapa Yamaha MT-09 Pakai Mesin 3 Silinder?

Oleh Redaksi Otosia pada 03 Jun 2015, 22:15 WIB
Diperbarui 03 Jun 2015, 22:15 WIB
Yamaha MT-09 (Foto: Nazar)
Yamaha MT-09 (Foto: Nazar)

Otosia.com Ada semacam anggapan bahwa sepeda motor 1.000 cc menumpah-ruahkan tenaga melalui penggunaan mesin empat silinder. Namun seiring kemunculannya di Indonesia, MT-09 yang dijual dengan harga Rp 250 juta ternyata hanya bermesin tiga silinder.

Mengapa demikian? M Abidin, GM Service and Motorsport Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, menyebut bahwa motor nyaris 900 cc ini mengedepankan torsi

"MT-09 tiga silinder. Dia kan namanya MT, master of tourqe. Jadi dia memang ngejarnya torsi," ujar M Abidin di ruang pamer Yamaha pada Jakarta Fair di JEXpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Ia lantas membeberkan bahwa penggunaan mesin ini terpaut dengan peraturan di Eropa mengenai batasan kecepatan. Orang pun disebut sudah bosan dengan gaya racing.

"Perubahannya, di Eropa kan ada peraturan avarege speeding, pakai kamera kecepatan. Kalau racing kan main kecepatan. Tapi ini torsinya gede. Orang kan sudah bosan juga sama motor yang tipe-tipe racing," ujarnya.

Yamaha MT-09 sendiri menggunakan mesin 847 cc empat tak dengan pendingin cairan, DOHC, empat katup segaris yang terbagi dalam tiga silinder. Mesin ini bertenaga maksimum 84,6 KW. Tenaga dari jantung pacunya diteruskan oleh transmisi constant mesh 6-percepatan.

Video Terpopuler saat Ini
 (kpl/why/rd)
Berita Terkini Selengkapnya