Fitur i-Stop Bikin All-New Mazda2 Jadi Irit BBM

Oleh Redaksi Otosia pada 13 Des 2014, 09:00 WIB
Diperbarui 13 Des 2014, 09:00 WIB
All-New Mazda2
All-New Mazda2

Otosia.com Dibanderol dengan harga yang cukup tinggi, All-new Mazda2 punya teknologi yang mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar. Salah satunya adalah fitur i-Stop (idling stop system) yang bekerja ketika mobil berhenti.

"Sering kali bahan bakar terbuang percuma saat mobil berhenti di lampu merah atau persimpangan. Dengan teknologi ini, penggunaan bahan bakar bisa ditekan," ungkap Astrid Ariani Wijana, Senior Marketing Manager PT Mazda Motor Indonesia (MMI).

Cara kerja i-Stop secara otomatis akan mematikan mesin saat mobil berhenti. Kemudian mesin akan kembali menyala ketika pedal rem dilepas. Penghentian mesin ini bukan tanpa perhitungan, pasalnya untuk kembali menyalakannya Mazda tidak menggunakan metode starter motor, melainkan menggunakan metode combustion start.

Metode ini membutuhkan teknologi yang bisa membuat kepala piston berada di posisi optimum ketika berhenti. Sehingga terdapat ruang yang dapat mendorong piston kembali berputar untuk menyalakan mesin secara efisien.

Otosia sempat mencoba fitur i-Stop. Namun sayangnya fitur ini tak dapat bekerja karena tidak memenuhi beberapa kondisi. Salah satunya adalah suhu ruangan yang tidak sesuai.

"i-Stop memang membutuhkan beberapa kebutuhan agar bisa bekerja. Seperti suhu ruangan yang sesuai dengan pengaturan pendingin udara. Kalau rentang suhunya jauh, i-Stop tidak akan bekerja karena mesin harus tetap menyala untuk menopang kompresor. Kenapa hal ini bisa terjadi, karena sistem yang dibuat ditujukan untuk kenyamanan pengendara," ucapnya.

Video Terpopuler saat Ini
 (kpl/fid/abe)
Berita Terkini Selengkapnya