12 Wajah Baru Ini Bersiap "Mengaspal" di Indonesia

Oleh Redaksi Otosia pada 04 Des 2014, 22:15 WIB
Diperbarui 04 Des 2014, 22:15 WIB
Galeri mobil baru 2015 (Foto: otosia)
Galeri mobil baru 2015 (Foto: otosia)

Otosia.com Tahun 2015 diperkirakan akan menjadi waktu paling ditunggu karena banyak model-model baru dengan karakter lebih mumpuni, lahir di tahun tersebut.

Sebelum hadir di Indonesia, sudah banyak dari varian yang ada telah diperkenalkan ke publik lewat berbagai auto show seperti Los Angeles Motor Show, Paris Motor Show, Bangkok Motor Show dan terakhir Thailand International Auto Expo menjadi ajang yang paling mendekati akhir tahun 2014 dan akan hampir varian baru yang hadir akan di hadirkan di Indonesia dan dijual tahun depan.

Wajah-wajah seperti apakah yang dijadwalkan akan mengaspal di Indonesia dan menggantikan generasi lawasnya nanti?

Video Terpopuler saat Ini
 (kpl/sdi)

Mazda2 Sedan

Mazda2 Sedan

Setelah merilis All-New Mazda2 hatchback di Indonesia, Mazda berlanjut menelurkan satu model baru berjenis sedan dari flagship Mazda2 tersebut.

Bertempat di Thailand International Motor Expo. All-New Mazda2 mempertontonkan sosok perawakan terbarunya yang dikatakan lebih kompak. Basic design yang diambil, hampir sepenuhnya membawa DNA Yang sekarang dimiliki oleh Mazda3 dan Mazda6 dengan ciri khas perwajahan yang tak ubahnya seperti Mazda2 hatchback.

Melihat segmentasi pasar All-New Mazda2 Hatchback yang sudah meluncur duluan ke tanah air, desain baru ini dimungkinkan akan ikut menyusul sang saudara. Di Thailand, All-New Mazda2 Sedan akan mulai dipasarkan pada tahun 2015 mendatang dengan perbendaharaan mesin SKYACTIV-D 1.5 liter bertenaga 105 hp plus torsi puncak yang sanggup menembus 220 Nm.

Teknologi yang dipakai All-New Mazda2 sedan ini telah mengadopsi piranti anyar i-stop function dan i-ELOOP technology.

Mitsubishi Strada Triton

Mitsubishi Strada Triton

Mitsubishi Strada Triton 2015 akhirnya telah resmi menampakkan diri ke publik. Sosok perawakan barunya, model ini mengandung ciri khas yang ternyata sangat berbeda dibandingkan versi sebelumnya. Konsep grille jauh lebih lebar dengan tatanan menicirikhaskan "Ultimate Sport Utility Truck" seperti yang konsep yang diusung Mitsubishi sekarang ini.

Cita rasa nyentrik pada sisi fascia, membawa kesan kesegaran dengan tambahan headlamps LED rojector plus housing menyudut menambah kesan luxury sang double-cabin tersebut. Saat ini model baru dari penantang Toyota Hilux, Ford Ranger dan juga Nissan Navara ini tengah berada di Thailand International Motor Expo 2014.



Model tersebut, membuka jendela kepastian bahwa gambar-gambar yang pernah sebelumnya benar-benar otentik dan sesuai dengan mobil jagonya off-road ini.

Pada saat pamer diri di Thailand, double-cabin teranyar ini telah dibekali dengan kemampuan permesinan terbaru berupa new 2.4 liter turbo diesel yang sanggup menelurkan tenaga hingga 178 hp plus letupan torsi mencapai 430 Nm.

Nissan Navara

Nissan Navara

Generasi ke-12 dari Nissan Navara ini telah banyak mendapatkan sentuhan kosmetik baru V-Motion design yang juga sudah banyak dipakai oleh model-model mobil seri terbaru dari Nissan. Selain itu double-cabin satu ini juga sudah memiliki perangkat yang memberikan rasa berkendara lebih mewah dengan adanya LED daytime running lights, panel kontrol spion dan juga pilihan dua warna-Savannah Yellow dan Earth Bronze.

Bagian interior menjadi wilayah yang mengandung kemewahan tingkat atas dari kelas pick-up, jika merujuk pada piranti

seperti TFT display for compass, turn-to-turn navigational support sebagai indikator penghemat bahan bakar dan pada konsol utama sudah dilengkapi dengan layanan multimedia infotainment system berbasis touchscreen.

Selain berbagai fitur baru yang kian mewah, New Nissan Navara 2015 ini juga akan disiapkan dengan mesin baru 2.5 liter diesel yang tersedia dalam dua setting tenaga, yakni 160 hp dengan torsi 403 Nm dan satunya lagi bertenaga 187 hp dan 450 Nm. Menurut catatan indianautosblog beberapa waktu lalu, New Nissan Navara ini memiliki tingkat penghematan hingga 11%.

Honda HR-V

Honda HR-V

Honda HR-V termasuk jajaran wajah baru yang akan menyapa publik Nusantara setelah sebelumnya diperkenalkan dan dibuka inden pada tahun ini. Generasi crossover Honda ini terbilang cukup melegenda di kalangan pecinta otomotif mengingat kiprahnya di jagat roda empat, meski masih menjadi pendatang baru, tapi sudah sangat banyak diminati konsumen.



Di Thailand International Motor Expo, Honda bahkan memamerkan HR-V dengan kostum Modulo yang membuat penampakkannya menjadi lebih sangar. Bodi kit yang diselaraskan di sekujur tubuh, memiliki pesona dengan ciri khas agresif melalui bentukan grille baru, tambahan rumah tawon di bawah grille utama dan lekukan bumper lebih tajam.

Piranti lain yang dikenakan khas Modulo, diteruskan pada alloy wheels, fender, window visor dan juga spoiler atap. Selain itu, masih ada strip bercorak krom yang dipoleskan pada tailgate dan bumper. Sedangkan menilik kawasan interior secara kseluruhan di balut dengan sentuhan gelap.


Bicara soal fitur, Honda HR-V Modulo tersebut memiliki berbagai fitur-fitur canggih diantaranya electric parking brake dan HSA (Hill Start Assist) yang sudah dimiliki oleh Ford EcoSport. Varian tertingginya bahkan menyiimpan segudang fitur canggih diantaranya side and curtain airbags, multimedia infotainment system dan sunroof.

New Honda CR-V Facelift

 New Honda CR-V Facelift

Hadirnya All-New Nissan X-Trail membuka jendela persaingan yang sangat ketat bagi kubu Honda. Sebagai salah satu produsen otomotif yang turut diperhitungkan, Honda pun tidak mau tinggal diam dan menerjunkan satu punggawa SUV andalan yang telah diupgrade, New Honda CR-V Facelift 2015.

Penampakan inilah yang akan menjadi rancang bangun Honda CR-V berwajah baru khusus untuk dataran Asia.

Secara umum, perubahan yang dihadirkan ketika dibandingkan dengan versi Eropa sebenarnya tidak terlalu jauh. Konsep grille baru "Solid Wing Face"tetap menjadi andalan yang kemudian dipadupadankan dengan kemewahan DRL headlamps.

Menelisik ke dalam performa dapur pacu, versi Asia ini menggendong mesin 2.0 liter dengan total gelontoran tenaga mencapai 155 hp empat silinder. Torsi yang disemburkan dari model dapur pacu tersebut sanggup menembus angka 190 Nm yang dikawinkan dengan transmisi five-speed matik.

Mitsubishi Pajero Sport

 Mitsubishi Pajero Sport

Moscow International Auto Salon 2014 kembali memunculkan sebuah sosok SUV yang tidak asing di telinga pecinta otomotif Indonesia. Inilah sang punggawa baru Mitsubishi Pajero Sport 2015.

Sosok modern dengan lekuk body dan keseluruhan fisik tampil beda dibanding dibanding seri sebelumnya. Kawasan eksterior lebih menonjolkan lekukan desain fisik nan tegas ditambah radiator grille berkonsep anyar dan LED daytime lights yang tampil kian modern.

Tidak seperti pada tahun-tahun sebelumnya bahwa Strada Triton dan Pejero Sport berbagi desain lewat kriteria wajah yang hampir sama, tahun 2015 diperkirakan keduanya akan berpisah dan terbangun dari dua sosok yang berbeda. Mengenai langkah peluncurannya, belum ada kabar tentang adanya perubahan yang terjadi jika nantinya mobil tersebut dirilis di Asia.

Tanda-tanda pun belum ada di Thailand, utamanya Thailand International Motor Expo yang kerap menghadirkan mobil-mobil serupa yang dijual di Indonesia.

Ford Ranger

Ford Ranger

Setelah resmi merilis SUV dengan penampilan off-road New Ford Everest 2015, produsen otomotif asal negeri Paman Sam tersebut tengah bersiap untuk meluncurkan pick-up truck Ford Ranger dengan perawakan yang hampir mirip dengan sang SUV.

Dijadwalkan akan mengaspal di regional Asia-Pasifik pada tahun 2015, Ford sudah terlebih dahulu merilis teaser video dengan format grille yang dipersegar mirip dengan Ford Everest 2015. Konsep seperti ini sebenarnya cukup mirip dengan sistem yang dipakai Toyota yang melakukan sharing DNA antara Toyota Hilux dan Fortuner.

Model grille baru ini memiliki dimensi yang lebih besar yang dipadukan dengan perubahan sektor bumper depan dan fog lights. Menilik bagian tubuh lainnya, nampaknya tidak akan ada perubahan yang signifikan. Atau mungkin video teaser resmi ini memang sengaja tidak menunjukkannya secara langsung.

Suzuki Celerio

Suzuki Celerio

Sempat menjadi punggawa city car Suzuki di dalam gelara Indonesia International Motor Show, Suzuki Celerio dijadwalkan akan mengaspal ke Indonesia tahun depan. "Belum bisa kasih informasi lengkap, tapi sekitar pertengahan tahun depan," ungkap 4W Sales, Marketing & DND Director PT SIS, Davy J Tuilan.



Pada gelaran IIMS, Celerio hadir dengan mesin tipe K10B 3 silinder berkapasitas 1000cc. Dengan mesin tersebut Celerio memiliki konsumsi bahan bakar mencapai 23,1 kilometer per liter.

Suzuki 7-Seater

Suzuki 7-Seater

Rencana Suzuki untuk menerjunkan varian MPV berlabel "mobil murah" sudah terendus media dan bersiap menembus pasar

global untuk menyaingi eksistensi MPV Datsun GO. Indonesia pun, sepertinya juga akan kebagian unit ini dengan DNA membawa ciri khas bawaan dari Suzuki Wagon R.

Tidak hanya di Indonesia, seperti yang sudah otosia beritakan sebelumnya, di India pun kabar ini cukup santer terdengar dan MPV yang dimaksud memiliki kode YJC dan diposisikan di bawah level Ertiga.

Selain itu, melihat saat ini Suzuki Wagon R GS masih menjadi versi tertinggi di dalam flagship Wagon R, model 7-seater terbaru ini dimungkinkan lebih istimewa dari versi sebelumnya dan dijanjikan memiliki nilai jual di atas para pesaingnya.

Menurut keterangan Suzukiyang dirilis oleh motorbeam beberapa waktu lalu, tahun 2015 akan menjadi saat yang tepat untuk debut sang mobil MPV murah tersebut dengan kemungkinan masih akan menggunakan piranti mesin lamanya. Jika saja penggunaan mesin baru diterapkan, alternatif dapur pacu lainnya mengarah pada 1.2 liter K-Series berbahan bakar bensin.

Masih sangat sulit memprediksikan soal harga, mengingat regulasi di Indonesia cenderung belum stabil sejak pergantian Presiden dan juga terkatrolnya harga mobil murah LCGC dikarenakan harga BBM naik.

Dihatsu Copen

 Dihatsu Copen

Mobil konsep Daihatsu Copen yang dihadirkan Daihatsu pada perhelatan akbar otomotif Indonesia International Motor Show 2014 tampaknya akan segera bisa dijajal masyarakat Indonesia. Pasalnya, mobil coupe ini tahun depan akan sudah mulai dipasarkan sebagai CBU.

Dari segi harga, pasaran Daihatsu Copen di luar adalah Rp 175 jutaan. "Diluar segitu, kalau masuk Indonesia pasti naik lebih dari itu, Perkiraan sekitar Rp 350 sampai Rp 400 jutaan," ungkap Marketing Director ADM Amelia Tjandra.

 

Sebagai informasi, mobil berpenampilan modis ini bermesinkan naturally aspirated tiga silinder, 12 katup memiliki keluaran tenaga sebesar 64 hp dan torsi 92 Nm dan dilengkapi sistem transmisi manual 5 kecepatan.

Toyota Kijang Innova

Toyota Kijang Innova

Toyota Kijang Innova dikabarkan juga akan mengaspal di kawasan Asia, diperkirakan termasuk Indonesia pada bulan depan. Mobil terbaru dengan ciri khas yang dikatakan lebih mirip SUV dan mengadopsi ciri khas wajah Highlander ini, dipercaya bakal hadir semakin mewah.

Hingga saat ini, Toyota Kijang Innova terbaru ini memang seolah menjadi misteri yang belum terpecahkan, karena pihak Toyota sekalipun belum memberikan teaser akan desain sang MPV ini.

Oleh karena itu, banyak pengamat otomotif yang berusaha untuk membuat gambar desain (render) guna mengilustrasikan sosok mobil baru yang cukup diminati di Tanah Air ini.

Mengenai fakta dan misterinya, otosia sudah pernah membahas sebelumnya pada link di bawah:

 

Toyota Fortuner

Toyota Fortuner

Sebuah penampakan SUV dengan selubung pekat di sekujur tubuhnya, dikabarkan berhasil tetangkap kamera dan diidentifikasi sebagai sosok dari Toyota Fortuner terbaru.

Berawal dari spyshot yang sebelumnya sempat diambil di Thailand itulah, lahir sebuah rancang desain yang diterbitkan oleh majalah otomotif 4X4 di Australia. Berdasarkan cover desain di atas, wajah baru Toyota Fortuner terlihat lebih kekar dengan empat bilah grille lebar yang nampak tegas jika dibandingkan dengan seri lawasnya.

Selain adanya model grille baru, sang SUV yang banyak dikenal sebagai pesaing besar Mitsubishi Pajero Sport tersebut turut dibekali dengan pernak-pernik eksterior berupa LED dyatime running lights tepat di bawah foglamps.

Menengok secara keseluruhan struktur bodi, proporsi tubuh lawasnya sepertinya tidak akan dirubah terlalu banyak. Namun ada kemungkinan besar, penyokong performa akan lebih ditingkatkan dengan mengusung dapur pacu yang lebih kokoh dan teknologi terbaru besutan Toyota

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya