Kia Rio, Hatchback Lawas yang Masih Layak Dimiliki

Oleh Redaksi Otosia pada 04 Des 2014, 10:15 WIB
Diperbarui 04 Des 2014, 10:15 WIB
Kia Rio (Foto: Tatan Rustandi)
Kia Rio (Foto: Tatan Rustandi)

Otosia.com Sebagai uji coba kali ini, kami memang sengaja tidak menggunakan mobil yang benar-benar "gress" dari pabrikan maupun Agen Pemegang Merek (APM), Sebagai gantinya, kami mencoba mobil lawas. Seperti yang kami lakukan pada Kia Rio A/T lansiran 2011.

Sebagai sebuah city car hatchback, Kia Rio masih dibilang layak untuk dijadikan sebagai target mobil lawas yang siap dimiliki. Dengan harga yang relatif terjangkau, city car dari Negeri Ginseng ini menawarkan performa, efisiensi dan kenyamanan yang lebih. Berdasarkan harga yang didapat dari bursa mobil bekas www.otosia.com, harga Kia Rio ditawarkan mulai dari Rp 35 juta (DP) hingga Rp 180 juta.

Pada Kia Rio bertransmisi matik yang kami coba kali ini dilengkapi dengan mesin Gamma berkapasitas 1,4 liter CVVT DOHC, yang masih bisa menghasilkan performa maksimal tanpa mengurangi faktor efisiensi bahan bakar. Terlebih dengan kondisi mahalnya harga bahan bakar di Tanah Air saat ini, meski harga minyak dunia sedang turun.

Yang membuat Kia Rio efisien dalam mengonsumsi bahan bakar adalah adanya fitur Eco sign yang terdapat pada panel spidometer. Dengan adanya lampu indikator ini, pengemudi akan diajak cara berkendara yang baik sehingga bisa menghasilkan pemakaian bahan bakar yang lebih irit.

Sebagai hatchback, Kia Rio menawarkan ruang kabin yang luas, yang akan membuat nyaman pengemudi dan penumpang di belakang. Bahkan, kursi penumpang belakang bisa dimenampung tiga orang.

Dari sisi eksterior, desain Kia Rio masih bisa dibilang sederhana. Namun, sudah terlihat desain bergaya Eropa dengan desain "Tiger Nose" yang jadi ciri khas mobil Kia. Dengan desain bergaya Eropa ini, Kia Rio siap bersaing dengan mobil-mobil buatan Eropa maupun Jepang.

Di negara asalnya, Korea, Kio Rio merupakan mobil yang banyak diminati konsumen. Tak heran jika hatchback ini masih bertengger sebagai mobil dengan penjualan terbanyak di Korea.

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini
 (kpl/tr/fjr)
Berita Terkini Selengkapnya