Kumpulan 11 Mobil "Tiruan" Dari Tiongkok!

Oleh Redaksi Otosia pada 25 Nov 2014, 21:15 WIB
Diperbarui 25 Nov 2014, 21:15 WIB
Ilustrasi: Mobil-mobil kloning asal Tiongkok
Ilustrasi: Mobil-mobil kloning asal Tiongkok

Otosia.com Demi meraup popularitas dari konsumen mereka, para automaker alias produsen mobil berbondong-bondong memberikan sajian mobil-mobil baru dengan penampilan semenarik mungkin. Mulai yang simpel, elegan, sporty, modern hingga yang unik dan funky kini tinggal pilih saja sesuai kesukaan.

Melihat banyaknya mobil yang saat ini berada di jalanan tak heran kalau ada satu dua model yang sedikit banyak terlihat mirip atau bahkan nyaris serupa dengan yang lainnya.

Termasuk kasus yang masih panas antara pihak Jaguar Land Rover yang bermaksud mengambil langkah tegas terhadap LandWind Motors asal Tiongkok yang meniru secara utuh karakter fisik milik Evoque dan diterapkan pada Landwind X7 berharga "murah" mereka.

Usut punya usut, selain Landwind ada sederet mobil asal Tiongkok yang penampakan fisiknya "menjiplak" mobil buatan automaker terkenal lainnya.

Mau tahu? Lihat kemiripan mereka berikut ini.

Video Paling Viral saat Ini
 (kpl/sno)

BAIC E Series

BAIC E Series

Mobil pertama adalah BAIC E Series yang tampilannya berbau ala Mercedes-Benz. Ia merupakan besutan dari Beijing Automotive Group (BAIC) atau yang sering dijuluki dengan Beijing-Benz.

Lihat saja di bagian wajah mobil berbalut warna putih ini. Grille-nya serupa dengan milik Mercy B-Class sementara headlamp dan bentuk muka-nya tidak beda jauh dengan A-Class.

Mirip dengan Mercy A-Class

Mingjun M3 S1

Mingjun M3 S1

Tubuh boxy mengotak milik Land Rover Freelander 2 yang gagah perkasa rupanya juga dilirik oleh produsen dari Negeri Tirai Bambu. Dikreasikan oleh Mingjun Motors, SUV bernama M3 S1 dilahirkan dengan tubuh dan rupa yang menyerupai SUV jagoan asal Inggris namun dengan harga yang jauh lebih murah.

BAIC Luba

BAIC Luba

Generasi lawas legenda luxury SUV dari Jepang, Toyota Land Cruiser, punya kembaran yang nyaris identik. Namun kembaran tersebut bukanlah buatan Toyota melainkan lahir dari dapur produksi Beijing Automotive Group (BAIC).

BAIC Luba yang beredar di Tiongkok jadi pilihan mereka yang mendambakan mobil berpenampilan ala Land Cruiser tapi dengan budget yang jauh lebih terbatas.

Kawei Auto K1

Kawei Auto K1

Ada yang menggemari sosok kekar dan tangguh dari para pick up truck buatan Amerika seperti Ford F-150? Kawei Automotive Industry Group yang bermarkas di Danyang, Provinsi Jiangsu, Tiongkok punya kembarannya.

Desain tubuh bongsor, tampilan tangguh dan stylish yang terang-trangan meniru Ford F-150, Kawei Auto K1 ini kabarnya mulai melebarkan sayap dengan mengaspal di beberapa wilayah di Afrika dan Timur Tengah.

Dongfeng H30 Cross

Dongfeng H30 Cross

 

 

Ada juga Dongfeng H30 Cross yang juga produksi negeri tirai bambu Tiongkok. Jika tak jeli dan hanya sekilas melihatnya akan membuat orang salah dan mengiranya sebagai sebuah Subaru XV.

 

Hengtian T3

Hengtian T3

Tak jauh beda dengan nasib Ford F-150 yang dijadikan "inspirasi" awal kelahiran Kawei Auto K1, Hengtian T3 yang juga berasal dari Tiongkok ini mengadopsi desain milik mobil buatan Jerman, VW Amarok.

Dilihat dari lekuk headlamps, twin-slat chrome grille, bumper, kaki-kaki hingga siluet tubuhnya nampak nyaris serupa dengan VW Amarok.

Brilliance V5

Brilliance V5

Brilliance merupakan automaker asal Tiongkok mengeluarkan mobil terbarunya yakni Brilliance V5. Mobil yang satu ini jika dilihat secara seksama amat mirip dengan BMW X1, warnanya pun juga sama.

Beberapa pihak sampai menyebutnya sebagai "saudara tiri" sang mobil luxury asal Jerman.

BMW X1

BYD 36

BYD 36

Versi "KW" dari Lexus RX 350 juga ada di negeri dengan populasi manusia terbesar di dunia tersebut. BYD S6 tersaji sebagai pilihan versi murah namun penampilan ala si mobil premium asal Jepang.

Diablo VT

Diablo VT

Kalau yang lain hanya ditiru model dan perawakannya saja, nasib berbeda justru dialami oleh pembuat mobil super terbesar dunia, Lamborghini.

Figur fantastis dan nama dari si legendaris Lamborghini Diablo dicontek oleh Diablo Auto yang mengklaim dirinya sebagai pembuat supercar pertama di Tiongkok.

Diablo VT buatan Diablo Auto memanfaatkan struktur yang tersusun dengan sassis hand welded, body panel berbahan fiber glass serta performa dari mesin Toyota V8 bertenaga maksimal hingga 450 hp.

Dongfeng "Hummer"

Dongfeng

"Hummer" versi Tiongkok menjadi embel-embel yang melekat erat pada kendaraan tempur berjudul Dongfeng EQ2050 ini. Seperti julukannya, Mobil militer Tiongkok buatan Dongfeng ini mengadopsi rupa fisik dari Hummer besutan Amerika.

Landwind X7

Landwind X7

Inilah sosok Landwind X7 bikinan Landwind Motors yang belakangan tengah ramai dibicarakan gegara desainnya yang meniru rupa Range Rover Evoque menuai komplain dari pihak Jaguar Land Rover.

Tak cuma meng-copy wujud Evoque saja, kehadiran X7 benar-benar menggiurkan. Betapa tidak, untuk meminang Evoque "jadi-jadian" ini yang berminat cukup membayar £14.000 atau sekitar Rp 266 jutaan saja. Nyaris seperempat dari harga SUV asal Inggris yang saat ini masih berada di kisaran £40.000 atau sekitar Rp 760 jutaan.

Siapa yang tak tergiur kan?

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya