Tata Motors Masih Pikir-pikir Pasarkan Sedan Zest

Oleh Redaksi Otosia pada 29 Sep 2014, 15:15 WIB
Diperbarui 29 Sep 2014, 15:15 WIB
Tata Zest (foto: Nazar Ray)
Tata Zest (foto: Nazar Ray)

Otosia.com Tata Motors Distribusi Indonesia (TDMI), selaku Agen Pemegang Merek (APM) Tata Motors di Indonesia masih pikir-pikir untuk memasarkan Tata Zest. TDMI tidak mau berspekulasi dengan buru-buru menjual sedan New Zest ke Indonesia sebelum mempelajari pasar sedan di Indonesia lebih jauh.

Meski penjualan otomotif Indonesia menggiurkan bagi produsen mobil India ini, situasi penjualan sedan di Indonesia masih lesu, berbeda dengan India. Kehadiran Tata Zest pada perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) lebih kepada pengenalan sedan-sedan Tata Motors yang punya kualitas global.

Walaupun yakin sedan yang belum lama diluncurkan di negara asalnya ini bakal di terima pasar global, termasuk India, TMDI masih memperhitungkan kondisi penjualan sedan di Tanah Air yang tidak secemerlang hatchback dan MPV.

"Indonesia adalah negara besar, jumlah penduduk yang besar pula, dengan pertumbuhan ekonomi tinggi, dan penjualan otomotif yang besar, ini menjadi potensi market mobil yang bagus. Tetapi kami juga perlu mempelajari dan melihat potensi pasar sedan di sini. Berbeda dengan hatchback yang marketnya sangat bagus, walaupun saya yakin Zest akan sangat cocok dengan konsumen Indonesia dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya," ujar Biswadev Sengupta, Presiden Direktur TMDI, saat gelaran IIMS kemarin.

Menurut Biswadev, Zest punya desain terbaru Confident Dynamism yang mengesankan ketangguhan dan kelincahan, serta memiliki performa mesin mumpuni, yang didukung oleh suspensi, dan pengereman berkualitas, hingga penggunaan bahan dan kualitas NVH yang premium. Selain itu Zest dibekali 29 fitur canggih sehingga menjadikannya sebagai sedan kompak di segmennya.

Teknologi lain yang dipasangkan berupa Turbochanged Multi point Fuel Injection MPF, serta Mode Multi-Drive yang berfungsi sebagai peralihan gaya bernedara antara mode sport, eco, dan city dengan respon bukaan gas.

Tata Zest 2014 mengusung mesin Revotron berkapasitas 1.2 liter turbo, yang melontarkan 90 tenaga kuda pada 5.000 rpm, dan torsi maksimal 140 Nm/ 1.750-3.500 rpm, serta kecepatan puncak 154 km/jam. Sementara konsumsi bahan bakarnya diklaim 17,6 km/liter.

Di India Zest ditawarkan dengan harga sekitar RS 4.64 Lakh atau sekitar Rp 89 jutaan.

Video Terpopuler saat Ini
 (kpl/nzr/sno)
Berita Terkini Selengkapnya