10 Mobil Pengonsumsi BBM Paling Hemat di Dunia

Oleh Redaksi Otosia pada 22 Agu 2014, 09:15 WIB
Diperbarui 22 Agu 2014, 09:15 WIB
Mobil dengan konsumsi BBM terhemat sejagad (Foto: Istimewa)
Mobil dengan konsumsi BBM terhemat sejagad (Foto: Istimewa)

Otosia.com Salah satu kriteria dari mobil yang paling dicari di dunia adalah mobil dengan konsumsi bahan bakar yang rendah. Terutama apabila mobil-mobil tersebut merupakan kendaraan yang akan digunakan untuk berkeliaran di jalanan padat ala kota metropolitan.

Dari banyak mobil tersebut, dibentuk dengan mesin yang bermacam-macam, mulai dari mesin diesel, bensin, dan yang cukup mendapat sorotan, mesin hybrid. Kesemuanya menjanjikan performa dan kehematan yang konon, berbanding lurus.

Banyak di antaranya dipasarkan di luar negeri dan belum sampai masuk di pasar Indonesia, namun beberapa yang lainnya sudah menjamah jalanan Indonesia.

Berikut ini merupakan daftar mobil dengan konsumsi BBM paling rendah di dunia, berdasarkan rataan konsumsi BBM antara penggunaan di jalan tol, dan penggunaan di dalam kota, minimal menggunakan bahan bakar beroktan 92.

Video Terpopuler saat Ini
 (kpl/fjr)

Ford C-Max Energi

Ford C-Max Energi

Dalam beberapa tahun ke depan, apabila masih belum ada produsen mobil yang mampu untuk bereksperimen dengan kinerja mesin dan konsumsi bahan bakar, maka Ford masih akan jadi yang terdepan dengan eksistensi Ford C-Max Energi.

 

Sekilas mobil ini memiliki kemiripan dengan Ford Fiesta yang bersenjatakan Ecoboost, apalagi memiliki kelas yang sama yakni hatchback. Hanya saja Ford C-Max memiliki bagasi yang sedikit lebih besar. Mobil ini memiliki rasio konsumsi bahan bakar yang paling baik, dengan menyentuh angka 42,51 km/Liter.

 

 

Toyota Prius Plug In

Toyota Prius Plug In

Belum puas dengan eksistensi Toyota Prius, keberadaan Prius kemudian dilengkapi dengan mobil hybridnya, Toyota Prius Plug In. Meskipun beberapa pihak merasa keberadaan Prius Plug In sedikit banyak dirasakan percuma dan berkesan redundan.

Toh Toyota tidak ambil pusing, karena nyatanya Prius Plug In juga membawa berkah tersendiri kepada Toyota dengan banyaknya unit yang terjual. Konsumsi bahan bakarnya tidak kepalang tanggung. Toyota Prius Plug In memiliki rataan BBM yang luar biasa, yakni 40,39 km/Liter

Toyota Prius

Toyota Prius

Memang tidak banyak populasi Toyota Prius C di Indonesia, salah satu alasan mengapa Toyota tidak menjualnya secara masif, adalah karena di Indonesia Toyota sendiri sudah menjadikan Avanza dan Kijang beserta geng Innova sebagai ujung tombak untuk kelas MPV.

Padahal di luar Indonesia, Toyota Prius merupakan mobil yang dijadikan sumber yang cukup besar bagi Toyota untuk menjaring konsumennya. Toyota Prius C sendiri dalam satu liter bahan bakarnya bisa digunakan untuk menempuh jarak 21,3 km.

Nissan Versa

Nissan Versa

Sedan hemat milik Nissan kembali dikeluarkan. Kali ini Nissan menyematkan aksen grille khas pada diri Nissan Versa, yang secara tidak langsung sedikit memiliki kemiripan dengan mobil baru Nissan, yakni Teana.

Nissan Versa sendiri juga belum ada kabar apakah akan dipasarkan di Indonesia atau tidak. Mengingat jumlah sedan hemat di Indonesia tidak terlalu mampu bersaing dengan model hatchback city car. Versa mampu menembus jarak 20,41 km untuk setiap Liter konsumsi bahan bakarnya.

Honda Insight

Honda Insight

Sekilas, bagi yang belum mengenali Honda Insight akan merasa bahwa desain mobil ini seperti mobil yang "dicampur-campur". Dengan desain hidung yang mirip Honda City, tail light yang mirip dengan milik Honda CRZ, serta desain body yang sedikit mengingatkan kita pada Toyota Prius.

Tapi yang jelas, mobil yang tidak dipasarkan di Indonesia ini memiliki keistimewaan tersendiri dengan system hybrid yang disandangnya. Honda Insight memiliki rataan konsumsi bahan bakar sebesar 17,9 km/Liter.

Chevrolet Volt

Chevrolet Volt

Mobil ini didesain sebagai sebuah sedan yang mempunyai kesan futuristik, terutama pada headlamp yang disematkan padanya. Chevrolet Volt juga sampai saat ini belum ada kabar akankah dipasarkan di Indonesia atau tidak.

Kesan aerodinamisnya juga makin membuat mobil ini terlihat elegan, meskipun pada beberapa sudut mobil ini sedikit terkesan monoton. Namun jangan tanya masalah konsumsi bahan bakarnya, Volt memiliki rataan konsumsi sebesar 16,16 km untuk setiap Liter bahan bakarnya.

Scion iQ

Scion iQ

Salah satu mobil dengan model unik, yang memiliki format sama persis dengan Smart ForTwo, yakni hanya memuat dua orang saja. Namun sayangnya mobil ini belum dipasarkan di Indonesia.

Scion iQ memiliki model yang sedikit berbeda dengan Smart ForTwo, dikarenakan aksen racing dan sporty lebih mendominasi daripada Smart. Dengan konsumsi bahan bakar yang sedikit lebih baik daripada Smart, yakni sekitar 15,8 km/Liter

Smart For Two

Smart For Two

Mobil mini yang satu ini memang tidak terlalu memiliki tempat di hati masyarakat Indonesia, tapi bukan berarti mobil ini tidak laku. Justru dengan model yang kecil, muat untuk dua orang, mobil ini akan sangat mengakomodasi kebutuhan di kota besar.

Smart ForTwo yang dihadirkan di Indonesia sebagai mobil kecil yang hemat, dilengkapi dengan fitur yang sangat baik dan berkesan cukup futuristik. Smart ForTwo mengonsumsi bahan bakar dengan rataan 15,31 km/Liter

Ford Fiesta Ecoboost

Ford Fiesta Ecoboost

Salah satu penggebrak dari pabrikan Ford yang cukup membuat masyarakat Indonesia terkagum, dengan penggunaan Ecoboost dan Turbocharger yang disematkan pada Ford Fiesta Ecoboost.

Mobil ini sejatinya merupakan salah satu mobil yang termasuk dalam mobil LCGC, alias Low Cost Green Car, namun dengan harga yang di atas 100 juta membuat status LCGC tidak jadi disandangnya. Mobil ini sendiri merupakan penerus Ford Fiesta yang mulai dipasarkan awal tahun ini. Dengan konsumsi bahan bakar mencapai 14,9 km/Liter

Toyota Yaris

Toyota Yaris

Balasan yang luar biasa akan didapatkan bagi pembeli Toyota Yaris, dikarenakan dengan harga kompensasi yang dikeluarkan oleh pembeli akan mendapatkan keuntungan yang luar biasa.

Selain dengan model yang modis, modern, serta bergaya sedikit sporty, Toyota Yaris juga dianugerahi konsumsi bahan bakar yang amat hemat. Rataan konsumsi bahan bakarnya adalah sejumlah 14,3 km/Liter.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya