8 Mobil Ini Bisa Jadi Pilihan Untuk Mudik ke Desa

Oleh Redaksi Otosia pada 30 Jul 2014, 11:15 WIB
Diperbarui 30 Jul 2014, 11:15 WIB
Beberapa mobil Non-SUV yang memiliki ground clearance tinggi (Foto: Istimewa)
Beberapa mobil Non-SUV yang memiliki ground clearance tinggi (Foto: Istimewa)

Otosia.com Bagi yang lebih memilih untuk mudik menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan transportasi umum, maka mobil jauh lebih direkomendasikan untuk jarak jauh dibandingkan dengan sepeda motor. Demi faktor keamanan dan kenyamanan.

Tapi kembali ke desa setelah beberapa bulan berpisah memberikan konsekuensi, bahwa di beberapa kasus mobil kita kemungkinan akan menghadapi kondisi jalan yang cukup berbeda dengan yang ada di kota. Yang otomatis menuntut mobil kita selain tetap prima, tapi juga harus sesuai dengan kondisi jalan di desa yang belum semua tersentuh aspal yang baik.

Maka pilihan bagi kita adalah bahwa kita bisa memiliki mobil dengan pertimbangan ground clearance, yakni jarak terdekat body mobil dengan permukaan tanah. Sehingga kontur jalan yang variatif tidak akan terlalu mempengaruhi performa dari mobil kita, apalagi sampai anjlok.

Mobil yang ada dalam daftar merupakan mobil dengan ground clearance minimal 170 mm, namun dengan kategori NON-SUV, karena dirasa sudah amat "wajar" apabila jika SUV memiliki ground clearance tinggi.

Selain itu, dipilihnya mobil NON-SUV dalam daftar juga memberi alternatif bagi kita yang kurang menggemari SUV dan memiliki budget yang harus disesuaikan.

Mungkin daftar mobil-mobil ini bisa jadi pertimbangan untuk dikendarai ke kampung halaman.

Video Terpopuler saat Ini
 (kpl/fjr)

Tata Aria

Mobil yang reputasinya semakin hari semakin naik seiring dengan jumlah showroom yang meninggi di Indonesia. Tata Aria juga berpotensi jadi saingan berat mobil-mobil MPV lainnya yang ada di Indonesia karena nyatanya kenyamanan mobil ini bagi penumpang juga sangat baik.

Mungkin secara model bukan yang paling favorit bagi masyarakat Indonesia, tapi yang jelas mobil ini sangat mendukung untuk keperluan mudik bagi masyarakat kita.

Ground clearance dari mobil ini adalah salah satu yang tertinggi, sampai dengan 200 mm. Harga dari Tata Aria adalah Rp 249 juta on the road Jakarta.

Honda Mobilio

 

Sudah bukan hal yang mengherankan bahwa mobil ini masuk di antara mobil-mobil terbaik di Indonesia di awal tahun 2014 lalu. Mobil dengan wajah khas Honda generasi terbaru yang pertama kali diterapkan pada fascia Brio ini sangat cocok dikendarai bagi seluruh anggota keluarga.

Mobilio juga memiliki bantingan suspensi yang lembut, dengan legroom dan headroom yang lega membuat mobil ini nyaman untuk dikendarai seluruh anggota keluarga.

Mobil ini memiliki ground clearance setinggi 189mm, dan untuk tipe termurahnya dihargai sebesar Rp 161 juta on the road Jakarta.

 

Nissan Livina X-Gear

Mobil bertype crossover ini memang sudah lama jadi andalan untuk berkendara di kondisi jalan yang variatif. Sehingga akan sangat sesuai apabila kita membelinya untuk berkendara di jalanan desa saat mudik nanti.

Mobil ini memiliki kapasitas yang cukup besar nyaris di semua bagian, mulai dari headroom, legroom, maupun bagasinya yang memungkinkan kita untuk membawa banyak barang saat bepergian. Apalagi penggunaan CVT juga membantu sekali untuk mengefisiensikan penggunaan bahan bakarnya.

Ground clearance mobil ini adalah 185 mm. Dan harganya di pasaran mencapai angka Rp 140-160 jutaan.

Suzuki Splash

Sebenarnya cukup mengejutkan bahwa mobil hatchback sekecil Splash nyatanya memiliki ground clearance yang tinggi, sehingga sangat memungkinkan untuk dikendarai dalam berbagai kondisi tanah.

Mobil ini memiliki agility yang sangat baik, sehingga saat dibawa melewati kemacetan kota, mobil ini tidak terlalu kewalahan. Dan bagusnya lagi sekalipun mobil ini lincah, tidak sampai membuat rasa suspensinya jadi keras.

Suzuki Splash memiliki ground clearance sampai dengan 185 mm. Dan dihargai sampai dengan Rp 105-115 jutaan.

Daihatsu Luxio

Mobil ini sudah dari dulunya memiliki kapasitas yang baik, jadi sekalipun mudik dengan 7 orang penumpang, mobil ini masih tidak terasa sesak. Jadi bisa dipastikan seluruh anggota keluarga beserta barang akan terangkut.

Mobil ini juga memberikan kemudahan akses dengan sliding door yang terpasang pada diri Luxio, hanya saja mobil ini tidak spesial secara performa. Dan lagi mobil ini berisik karena mesin yang berada di bawah mobil sering memberikan suara yang berlebihan.

Ground clearance mobil ini setinggi 180 mm. Di pasaran Daihatsu Luxio dihargai sebesar Rp 115-130 jutaan

 

Suzuki SX 4 A/T

Salah satu hatchback yang paling diandalkan oleh Suzuki pada periode 2010-2012 lalu. Namun sampai sekarang mobil ini masih punya harga yang sangat baik. Dan lagi model dari Suzuki SX 4 juga sangat modis.

Hanya saja mobil ini tidak memiliki kapasitas bagasi yang terlalu istimewa, tapi itu semua tergantikan dengan kenyamanan kabin yang baik serta bantingan suspensi yang empuk.

Suzuki SX 4 diproduksi dengan ground clearance setinggi 175 mm. Saat ini mobil ini dihargai sampai dengan Rp 150-170 jutaan.

Toyota Kijang Innova 2.5 G A/T

Toyota Kijang Innova 2.5 G A/T

Akomodasi hingga 7 orang jadi alasan yang sangat tepat bagi kita yang ingin pergi kemana-mana menggunakann Kijang Innova. Satu keluargapun bisa diboyong mudik apabila menggunakan mobil andalan Toyota meskipun secara performa bukan mobil terbaik yang diandalkan untuk akselerasi.

Namun bantingan suspensi yang nyaman serta handling yang baik menjadi nilai plus dari Kijang Innova. Dan lagi harganya yang tetap baik meskipun berganti tahun juga membuat siapa yang memilikinya tidak terlalu khawatir dengan resale valuenya.

Kijang Innova memiliki ground clearance sampai dengan 175 mm. Di pasaran mobil ini dihargai sebesar Rp 235-245 jutaan.

Toyota Avanza S A/T

Saingan berat Xenia yang sukses mengungguli lawannya itu pada penjualan tahun 2013. Mobil yang memang terkenal ramah keluarga ini juga memiliki resale value yang baik. Malah salah satu yang terbaik di antara banyak mobil lainnya.

Konsumsi BBM yang hemat, serta kapasitas hingga 7 orang semakin menguatkan banyak masyarakat lapisan menengah untuk membeli mobil ini sebagai mengangkut seluruh anggota keluarga.

Avanza memiliki ground clearance setinggi 170 mm dan sampai hari ini dihargai hingga Rp 135-140 jutaan.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya