11 Alasan Toyota Aygo Cocok Dijadikan "Pasangan Hidup"

Oleh Redaksi Otosia pada 02 Mei 2014, 18:15 WIB
Diperbarui 02 Mei 2014, 18:15 WIB
All-New Toyota Aygo (Foto: istimewa)
All-New Toyota Aygo (Foto: istimewa)

Otosia.com Kemunculan Toyota Aygo seolah menjadi dobrakanyang luar biasa di kelas pasa city car. Bagaimana tidak, jika melihat penampakan fisiknya yang begitu eksklusif, pecinta city car mana yang tidak akan "kepincut". 

All-New Toyota Aygo merupakan generasi ke-2 dengan gayanya yang semakin impresif. Berbdaaan signifikan ini, tidak hanya sangat mengena dari lekuk tubuhnya saja, tapi juga disempurnakan melalui berbagai fitur nan futuristik di kelasnya.

Sebagai city car kelas Eropa, Aygo pun semakin membuktikan diri bahwa ia tak bisa disepelekan oleh para penampu rivalitas di daratan tersebut. Karena keunggulan yang ada padanya, sangat wajar jika ia begitu cocok dijadikan pasangan hidup.  Apasajakah keistimewaannya?

Video Terpopuler saat Ini
 (kpl/sdi)

Terinspirasi dari Astroboy

Terinspirasi dari Astroboy

Gayanya yang funky menjadi sebuah dientitas estetik bagi sebuah city car besutan teranyar Toyota ini. Setiap lekuk tubuhnya nan indah tersebut, rupanya terinspirasi sosok manusia robot, Astroboy.

David Terai, kepala teknisi dari Aygo tersebut membeberkan kepada topgear beberapa waktu lalu, bahwa memang mobil ini terinspirasi dari film kartun. Itulah mengapa Aygo dikenal dengan sebutan "A Car Version of Astroboy".

Fascia

Fascia

Model X pada sosok fascia miliknya merupakan manifestasi dari J-playful yang merupakan kepanjangan dari "Japan" untuk huruf "J" tersebut. 

Tujuan dari kode-kode itu berguna untuk menonjolkan sisi competitif produksi dari tanah matahari tersebut di dataran Eropa. Misi lainnya sebenarnya merupakan misi Toyota sendiri untuk menampilkan perawakan city car yang radikal dan tentu saja tampil beda.

Double bubble roof

Double bubble roof

Fitur eksterior yang banyak dipakai oleh varian-varian mahal kelas dunia seperti Peugeot RCZ, Porsche 911 ternyata sudah dimiliki oleh Aygo. Inilah mengapa city car ini justru bertambah semakin eksklusif.

 

Fitur keamanan

Fitur keamanan

Dalam kiprahnya menjelajah pasar mobil Eropa nantinya, Aygo sudah dipersiapkan dengan fasilitas keselamatan standar di dataran tersebut, salah satunya adalah 6 air bags. Namun, fitur ini sedianya masih perlu diuji oleh Euro NCAP untuk memastikan ketangguhannya ketika mobil mengalami kecelakaan.

Fitur multimedia

Fitur multimedia

Tak hanya identik dengan lekuk indah tubuhnya, Aygo juga dilengkapi dengan fitur-fitur hiburan canggih guna memanjakan para penumpangnya.

Ia kini sudah dilengkapi dengan X-Touch technology yang memadukan fasilitas monitor 7 inch yang lengkap dengan kabel USB, dan sanggup terintegrasi lewat Android dan Apple.

Selain itu, Aygo juga kian lengkap dengan sistem climate control untuk menyesuaikan temperatur udara sesuai dengan kondisi berkendara.

 

Performa

Performa

Soal performa, mobil ini tentu saja tidak perlu diragukan lagi. Mesin 3 silinder berkapasitas 1.0 liter menjadi rahasia dalam meningkatkan performanya agar semakin maksimal. Apalagi dapur pacu tersebut merupakan besutan teranyar Toyota ditekankan guna memberikan efisiensi bahan bakar dan emisi gas buang.

Jantung pacu tersebut menghadirkan kekuatan pacu mobil mencapai 69 hp pada 6.000 rpm dan gelontoran torsi hingga 95 Nm pada 4.300 rpm.

Spesifikasi:

  • Percepatan 0-62mph: 14.2sec
  • Top speed: 100mph
  • Kerb weight: 840kg 
  • Engine 3-cyls in line
  • Kapasitas silinder: 998cc
  • Bahan Bakar: Bensin 
  • Power: 69bhp at 6000rpm 
  • Torsi: 95 Nm pada 4300rpm; 
  • Transmisi: Gearbox 5-spd manual

Ramah Emisi

Ramah Emisi

Di atas kertas, emisi gas CO2 Aygo diklaim lebih ramah di kelasnya. Dari penjabaran autocar, ia hanya memproduksi emisi 95 g/km untuk seri manualnya. Sedangkan untuk versi automatic, mobil ini juga hanya menghasilkan 97 g/km gas buang.

Hemat Bahan Bakar

Hemat Bahan Bakar

Dari data yang ada selama ini, konsumsi bahan bakar mobil ini hanya 68.8 mpg untuk versi UK. Atau sama dengan 24,3 km/l untuk versi US. Data ini bahkan dimungkinkan telah mengalahkan keiritan LCGC Agya. Namun, masih diperlukan banyak tes untuk membuktikan kebenaran ini.

Ruang Kabin

Ruang Kabin

Bagian dalam kabin Aygo teranyar ini, diklam memiliki dimensi yang lebih bongsor sehingga sanggup menampung volume lebih besar. Penambahan dimensinya adalah 25mm lebih panjang; 5mm lebih  rendah.

Ketika membuka bagian kabin belakang, size-nya pun juga lebih lega jika dibandingkan dengan seri lamanya. Menurut autocar, total muatan yang sebelumnya hanya 139 liter, kini meningkat tembus 
angka 168 liter.

Rivalitas

Rivalitas

Toyota Aygo 2014 dihadirkan bukan serta merta tanpa pesaing. Tapi justru ia hadir untuk menyaingi para city car yang saat ini sama-sama bercokol di pasar Eropa yakni Hyundai i10, VW up, Citroen C1 dan Peugeot 108.

Harga

Harga

Belum ada kepastian harga resmi yang akan ditawarkan Toyota untuk varian istimewa ini. Akan tetapi, prediksi dan ramalan banderolannya sudah banyak tersebar antar awak media. Dari perkiraan whatcar, mobil ini bisa jadi akan dihargai mulai Rp 165 jutaan.

 

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya