Sangar! Ini Dia Calon Pengganti Humvee

Oleh Redaksi Otosia pada 05 Okt 2016, 09:15 WIB
Diperbarui 05 Okt 2016, 09:15 WIB
Foto: General Motors
Foto: General Motors

Otosia.com Dengan usia Humvee sebagai kendaraan militer Amerika Serikat yang mulai uzur, produsen mobil terbesar di Amerika Serikat, General Motors (GM), mulai mempertimbangkan penggantinya.

Oleh karena itu, GM memperkenalkan konsep Chevrolet Colorado ZH2 yang dijadwalkan untuk menjalani serangkaian uji coba pada tahun 2017 mendatang.

Seperti yang dilansir oleh Jalopnik, Chevrolet Colorado ZH2 sebenarnya berbasiskan truk double cabin Colorado reguler yang diperpanjang dan diperkuat.

Kini, Colorado ZH2 memiliki dimensi tinggi 198 cm dan lebar 203 cm, dengan ban berukuran 37 inci yang membantu kinerja suspensi khusus.

Selain itu, Chevrolet Colorado ZH2 direncanakan untuk menggendong mesin berbahan bakar hydrogen yang diharapkan membantu dalam operasi militer.

Ketangguhan mesin Chevrolet Colorado ZH2 tersebut akan diuji coba kemampuannya agar mampu berjalan sesenyap mungkin dan mengurangi tanda panas.

Maka dari itu, calon pengganti Humvee ini juga akan memakai mesin elektrik dalam rangka mengurangi bunyi dan konsumsi bahan bakar.

Chevrolet Colorado ZH2 ini juga membawa alat bernama Exportable Power Take-Off (EPTO) yang berfungsi untuk mengeluarkan energi dari mobil dan dapat dipakai untuk keperluan lain seperti menjadi generator.

Pihak Chevrolet bersama dengan TARDEC (Tank Automotive Research, Development & Engineering Center) akan memulai uji coba Coloradi ZH2 pada awal tahun 2017.

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/fdk)
Berita Terkini Selengkapnya