Astra Otoparts Resmikan 2 Pabrik Onderdil Toyota dan Daihatsu

Oleh Redaksi Otosia pada 29 Sep 2016, 18:45 WIB
Diperbarui 29 Sep 2016, 18:45 WIB
Foto: Astra Otoparts
Foto: Astra Otoparts

Otosia.com Belum lama meresmikan pabrik Bridgestone Astra Indonesia di Purwakarta, Astra Otoparts kembali meresmikan pabrik pertama dari PT Aisin Indonesia Automotive (AIIA) dan PT Advics Manufacturing Indonesia (ADSMIN) di Kawasan Industri KIIC Karawang, Jawa Barat, Kamis (28/9).

AIIA merupakan perusahaan patungan antara Aisin Indonesia dan Aisin Seiki, Jepang.

Sementara ADSMIN adalah perusahaan patungan antara Aisin Indonesia dengan Advics Indonesia.

AIIA didirikan di atas lahan seluas 12 hektar dengan kapasitas produksi sekitar 6 juta unit per tahun.

Dengan total investasi senilai Rp 1,1 triliun dan didukung oleh 500 orang karyawannya, AIIA telah mulai memproduksi body part sejak bulan November 2014 dan mulai memproduksi engine part di bulan Mei 2015.

Produk AIIA diantaranya adalah center pilar garnish, door handle, power seat motor, power sliding door untuk body part dan cam housing, engine front module, oil pan, oil pump, dan water pump untuk engine part, yang dipasarkan untuk APM domestik seperti PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), PT Astra Daihatsu Motor (ADM), dan Suzuki Indomobil Motor. Selain itu produk milik AIIA juga telah diekspor ke berbagai negara di Amerika, Asia, dan Eropa.

Sementara ADSMIN yang berdiri di atas lahan seluas 2 hektae dan pembangunan pabriknya telah dimulai sejak tahun 2015 ini, menelan biaya investasi sekitar Rp 360 miliar untuk memproduksi berbagai komponen brake system untuk suplai ke TMMIN), ADM , Inti Ganda Perdana (IGP), Suzuki Indomobil Motor dan PT Nissan Motor Indonesia berupa brake master cylinder, brake assy dan drum in hat.

Pabrik dengan kapasitas produksi sekitar 1 juta unit per tahun ini mulai beroperasi pada bulan Maret 2015 dengan memperkerjakan sekitar 200 orang karyawan.

Dengan diresmikannya kedua pabrik, yaitu AIIA dan ADSMIN ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap produksi komponen otomotif lokal dengan standar kualitas yang tinggi, dengan mewujudkan daya saing produksi komponen melalui harga yang kompetitif.

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini
 (kpl/nzr/fdk)
Berita Terkini Selengkapnya