Cek Angka Standard Tekanan Angin Bukan di Ban

Oleh Redaksi Otosia pada 03 Jun 2016, 10:15 WIB
Diperbarui 03 Jun 2016, 10:15 WIB
Foto: Nazar Ray
Foto: Nazar Ray

Otosia.com Umumnya, pengguna mobil atau sepeda motor berpatokan pada angka yang umum saat menambahkan atau mengurangi tekanan angin pada ban. Adakalanya pula, tekanan angin ditentukan saya pada selera, seberapa keras ban setelah diisi angin.

Namun, sebenarnya, tiap mobil punya tekanan angin ban yang sesuai dengan standard, dan standard itu berbeda-beda. Walau demikian, tekanan angin pada ban mobil bukan dilihat pada keterangan di dinding ban.

"Tekanan angin ban itu, dengan beban berbeda, maka berbeda pula. Maka dari itu, tekanan angin disesuaikan dengan beban mobil," ujar Herry Maylanda, Training Manager, Training and Legal Standard Dept PT Bridgestone Tire Indonesia.

Informasi mengenai tekanan angin standar pada ban mobil bisa dilihat pada keterangan yang tertera di mobil. Posisi keterangan itu berbeda, misalnya jika mobil tersebut buatan Eropa atau buatan Asia, khususnya Jepang.

"Kalau kita lihat, tekanan angin ideal untuk mobil Jepang itu bisa dilihat di stiker dekat sopir. Kalau mobil-mobil Eropa itu biasanya ada di bagian tangki bensin. Jadi, bukan pada ban. Pada ban hanya menunjukkan informasi tekanan minimum."

Video Terpopuler saat Ini
 (kpl/why/rd)
Berita Terkini Selengkapnya