Jurus Jitu Pengendalian Hebat Mazda MX-5

Oleh Redaksi Otosia pada 02 Jun 2016, 09:15 WIB
Diperbarui 02 Jun 2016, 09:15 WIB
Mazda MX-5 (foto: Carbay)
Mazda MX-5 (foto: Carbay)

Otosia.com Bagi para penggemar Mazda, MX-5 adalah sebuah mesin yang memiliki segala macam kelebihan, sehingga pantas disebut sebagai mobil yang legendaris. Yang menarik, Mazda Motor Indonesia juga memasarkan mobil ini di Indonesia, sejak generasi ketiga.

Kelebihan MX-5 adalah bagaimana mobil ini begitu menyenangkan untuk dikendalikan, bahkan secara brutal sekalipun. Mazda membuat MX-5 dengan ‘resep’ yang sederhana: Mobil dengan chassis monokok, mesin di depan, berpenggerak roda belakang, dan bobotnya ringan. Titik. Tidak ada mesin besar dengan raungan yang memekakkan telinga, tidak ada sistem penggerak yang rumit.

Salah satu jurus jitu agar MX-5 bisa mendapatkan pengendalian yang hebat adalah dengan membuat distribusi bobot yang merata 50:50 dari depan hingga ke belakang. Desainer Mazda membuat mobil ini agar bisa menampung dua orang dewasa dengan leluasa, dan tidak ada ruang yang terbuang. Selain itu, mesin di depan diletakan diantara as roda depan dan ruang kabin. Hal-hal seperti inilah yang membuat distribusi bobotnya bisa rata. Hingga generasi keempat yang sekarang beredar, Mazda selalu mempertahankan resep tersebut.

Generasi pertama MX-5 diperkenalkan pada tahun 1989. Mesin yang diusungnya berkapasitas 2,0 liter dengan empat silinder, tanpa dilengkapi turbo. Kebiasaan menggunakan mesin 4-silinder berkapastas 2,0 liter ini terus berlanjut hingga generasi terbaru (generasi keempat) yang sebentar lagi akan menyapa pasar Indonesia. Tentunya generasi terbaru sudah menggunakan mesin dan paket teknologi SKYACTIV yang digabungkan dengan filosofi sebuah MX-5.

MX-5 dibekali dua pilihan mesin bensin (SKYACTIV G) yaitu berkapasitas 1,5 liter (129 hp), dan juga versi 2.0 liter yang tenaganya mencapai 155 hp. Keduanya dibekali tansmisi manual, dan khusus untuk varian RF (Retractable Roof, atap teruat dari metal, dan bisa terlipat), akan dibekali transmisi otomatis 6-speed.

Paket teknologi yang meliputi penggunaan material yang ringan namun kokoh menjadikan Mazda MX-5 generasi terbaru memiliki bobot yang 100 kg lebih ringan dari pendahulunya, dan dijanjikan akan memberikan pengendalian yang juga lebih baik. Bobot MX-5 generasi tebaru sekarang adalah 1.000 kg

Sejauh ini, Mazda Motor Indonesia belum berkomentar soal kemungkinan munculnya MX-5 di pasar Indonesia, namun banyak yang memperkirakan mobil ini akan diperkenalkan kepada publik di acara Gaikindo Indonesia International Auto Show 2016 yang akan berlangsung Agustus 2016 nanti.

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/prl/fjr)
Berita Terkini Selengkapnya