Wow! Ban Canggih Ini Bisa Menghasilkan Listrik!

Oleh Redaksi Otosia pada 05 Mar 2016, 15:30 WIB
Diperbarui 05 Mar 2016, 15:30 WIB
Goodyear BH-03
Goodyear BH-03

Otosia.com Satu per satu teknologi canggih terus dikembangkan oleh para otak terhebat dunia demi menelurkan terobosan sumber tenaga alternatif baru yang baik dan ramah untuk lingkungan.

Contohnya saja di bidang otomotif, baik mobil ataupun motor bertenaga hybrid dan full-electric keduanya beberapa waktu belakangan ini sedikit demi sedikit makin ramai digandrungi masyarakat yang sadar lingkungan.

Selain mesin berteknologi hybrid maupun mobil bertenaga hidrogen, kini ada yang lebih sangar. Memanfaatkan energi panas yang dihasilkan oleh friksi di karetnya, mahakarya pabrikan ban Amerika, Goodyear, ini mampu mengubah panas tadi menjadi energi listrik.

Mengandalkan material thermos-piezoelectric yang dipakai sebagai salah satu penyusunnya, panas yang diperoleh konsep ban berkode BH-03 tersebut ditangkap dan diubah menjadi listrik bertegangan kecil sebelum disimpan ke baterai mobil, meskipun dalam kondisi mobil tengah berjalan.

Jadi heat alias panas yang bisa diubah oleh BH-03 ini tak cuma berasal dari panas sinar matahari semata. Friksi antara ban dengan jalanan yang juga menghasilkan energi panas juga bisa diserap oleh terobosan visioner ini.

Keren gak tuh bro? Penjelasan selengkapnya bisa kamu simak dalam video di bawah.

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/sno)
Berita Terkini Selengkapnya