Mobil Produksi Massal Pertama di Dunia

Oleh Redaksi Otosia pada 29 Jan 2016, 14:15 WIB
Diperbarui 29 Jan 2016, 14:15 WIB
Ford Model T (c)  carstyling
Ford Model T (c) carstyling

Otosia.com Sebelum Model T, kebanyakan pembuatan mobil menghabiskan banyak uang. Hanya orang berduit yang mampu membelinya.

Ford menetapkan 1908 sebagai tahun yang bersejarah buat mereka. Ford Model T dianggap sebagai mobil pertama yang terjangkau harganya bagi masyarakat umum.

Ini dimungkinkan setelah sistem perakitan modern diperkenalkan, alih-alih menggunakan perakitan yang dikerjakan secara manual.

Model T pertama kali diproduksi pada 12 Agustus 1908 di Pabrik Piquette di Detroit, Michigan dan mulai dijual pada 27 September 1908.

Pada tanggal 26 Mei 1927, Henry Ford, sang pendiri Ford Motor Company menyaksikan langsung Model T ke-15 juta yang diproduksi dari pabriknya.

Model T adalah mobil pertama yang diproduksi massal menggunakan perakitan modern yang ditujukan dan menyasar kelas menengah Amerika.

Ford membuat Model T mudah dikemudikan sejak orang-orang tidak dapat mengemudikan apapun selain kuda.

Hal ini tidak seperti mobil baru, sekalipun ada 3 pedal di lantai seperti mobil masa kini. Model T memiliki setir yang cara kerjanya sama seperti mobil masa kini, namun hampir tiap hal lainnya berbeda.

Sebelum Ford Model T, Henry Ford telah membuat beberapa prototipe tapi tidak pernah diproduksi massal. Total prototipe berjumlah 19 dan diberi nama sesuai huruf abjad A hingga T.

Model yang dibuat sebelum Model T adalah Model S yang merupakan upgrade dari Model N. Uniknya, versi setelah Model T diberi nama Model A bukan Model U.

 (kpl/fdk)
Berita Terkini Selengkapnya