Mengapa Rem Kerap Kali Terasa Bergetar?

Oleh Redaksi Otosia pada 15 Jan 2016, 16:45 WIB
Diperbarui 15 Jan 2016, 16:45 WIB
Ilustrasi Rem Cakram by Nurrohman Sidiq
Ilustrasi Rem Cakram by Nurrohman Sidiq

Otosia.com Pernahkah Anda merasakan getaran yang kuran nyaman saat rem sedang difungsikan maksimum? Jika menemukan penyakit demikian, ada baiknya segera memeriksa beberapa perangkat berikut.

Penyebab bergetarnya rem biasanya terjadi karena kampas rem yang tidak lagi mulus, sehingga dipastikan rem terasa sangat kasar hingga terasa bergetar. Penyakit seperti ini biasanya gara-gara kotoran yang kadung menetap di sela-sela antara kampas dan rem. Pola gesekan pun dipastikan akan terganggu hingga kampas kurang bebas bergerak.

Saat itulah, pola mengikisan kampas menjadi tidak rata atau miring sehingga kadang-kadang bisa diketahui gejalanya dari suaranya yang nyaring sewaktu direm. Terlebih lagi dikala musim hujan dan air menyusup ke sela-sela kampas, dipastikan decitannya bakal semakin berisik dan bikin risih.

Cara menyelesaikannya jika terjadi hal demikian, yakni segera menggosok kampas atau lebih praktisnya membeli baru. Akan tetapi, ketika tips di atas masih menyisakan getaran kurang nyaman, berarti ada kemungkinan cakram telah mengalami dampak langsung dan wajib diperiksa lagi.

Dengan bertambahnya usia cakram ditambah kerusakannya, metode bubut memang bisa dilakukan. Tapi ada baiknya jika memilih jalan tengah dengan menggantinya yang baru, karena ada jaminan cakram lebih presisi.  

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/sdi)
Berita Terkini Selengkapnya