Kecepatan Konstan, Rahasia Lorenzo Rebut Gelar MotoGP 2015

Oleh Redaksi Otosia pada 01 Jan 2016, 16:30 WIB
Diperbarui 01 Jan 2016, 16:30 WIB
Jorge Lorenzo (c) AFP
Jorge Lorenzo (c) AFP

Otosia.com Kepala mekanik Jorge Lorenzo di Movistar Yamaha MotoGP, Ramon Forcada, menyebut pebalapnya itu memiliki beberapa persamaan dengan Wayne Rainey dan Casey Stoner saat menjalani setiap pekan balap, yakni langsung cepat sejak sesi latihan pertama.

Lorenzo sukses meraih gelar dunia musim ini dengan koleksi tujuh kemenangan, yang empat di antaranya diraih secara beruntun. Kepada Speedweek, Forcada meyakini bahwa hal ini berkat kecepatan konstan Lorenzo di setiap sesi, terutama bila ia menjalani start sempurna saat balapan dimulai.

"Jorge membuat perbedaan dengan fakta bahwa ia sangat cepat sejak hari pertama dari pekan balap. Jadi kami tak perlu mengubah banyak hal pada setup, kecuali pada beberapa sirkuit tertentu yang karakternya sangat berbeda dengan yang lain. Ia juga melaju sangat konstan. Sekali cepat, ia akan terus cepat," ujar Forcada.

Pria asal Spanyol inipun meyakini mentalitas Lorenzo ini begitu mirip dengan dua legenda MotoGP, yakni Rainey dan Stoner. "Untuk melakukan ini semua, ia butuh kepercayaan diri tinggi. Saat balapan di Motegi, ia membawa mentalitas berbeda. Ia begitu cepat di kondisi kering, namun juga kuat dalam kondisi basah di sana meski kondisi ini begitu sulit. Pada tikungan pertama, ia melakukan kesalahan kecil, namun di tikungan kedua, ia menyalip Valentino Rossi," tutup Forcada.

Video Terpopuler saat Ini
 (kpl/kny)
Berita Terkini Selengkapnya