Yamaha Scorpio Rasa Supermoto KLX 250

Oleh Redaksi Otosia pada 29 Des 2015, 18:15 WIB
Diperbarui 29 Des 2015, 18:15 WIB
Yamaha Scorpio Supermoto @istimewa
Yamaha Scorpio Supermoto @istimewa

Otosia.com Setelah sekian lama membesut Yamaha Scorpio, Viktor si empunya motor merasa bosan dengan tampilan motornya yang begitu-begitu saja. Sayang, kalau motor dengan kapasitas mesin 225 cc dibiarkan dalam keadaan standar terus menerus. Perlu ada polesan, kalau perlu ganti konsep sekalian biar nambah ciamik dan keren, begitu kira-kira gumamnya.

Ide baru muncul dalam benaknya, bagaimana jika si Kalajengking direstorasi bergaya supermoto? Cukup ekstrem memang dari cruiser ke supermoto alias dual purpose.

Tak perlu terlalu lama memendam hasrat. Keinginan kuat mengarahkannya ke bengkel yang piawai menggarap modifikasi dirt bike atau supermoto, yakni Caos Custom Bike di Jl. Pancoran Barat VIII No. 6 Rt 10 / Rw 03, Pancoran, Jakarta Selatan.

Lewat tangan dingin punggawa Caos Custom Bike, Bro Leri, Scorpio milik Viktor disulap menjadi supermoto. Nyaris tidak ada sisa dari part standar pabrik, alias semua bodi dan jeroan bawaan Scorpio dikuliti.

“Engine Scorpio, bodi KLX 250, swing arm pakai kepunyaan KLX 250. Jadi semua pakai KLX, hanya mesin saja Scorpio,” beber Leri sang kreator.

Sepintas tampilannya memang menipu, mirip KLX 250, padahal basis mesinnya adalah 225 cc milik Scorpio. Liat saja mulai dari grafis dan corak warna hijau khas penggaruk tanah milik “geng ijo”, batok lampu hingga buritan. “Jadi bisa dibilang, Scorpio rasa Kawasaki KLX 250, he-he-he,” kelakar Leri.

Gubahan ekstrem, selain memakai frame dan swing arm milik KLX 250, penyesuaian dilakukan pada kaki-kali dan stang. Leri mengaplikasi stang model rental fatbar, agar aksen supermotor terasa kental.

Supaya terlihat kekar pada kaki-kaki, Caos Custom Bike memasang pelek TK 3.5 dan 425, yang dibungkus ban gemuk depan-belakang 110 dan Battlax BT 45 berukuran lebar tapak 150, serta diperkuat dengan disc besar berdimensi 320.

Untuk mendongkrak tenaga galak putaran bawah khas dirt bike, sejumlah perubahan teknis disesuaikan, termasuk mengadopsi knalpot merek FMF Apex dengan desain membelit yang menjadi khas motocross.

Beres sudah. Kini sosok Scorpio milik Viktor sudah menjadi motor “dua alam”, yang siap menipu orang yang meliriknya karena ia bukan lagi bergaya cruiser, melainkan “KLX” Supermoto yang siap melibas trek landai maupun offroad.

Bengkel

Caos Custom Bike

Jl. Pancoran Barat VIII No. 6 Rt 10 / Rw 3, Kelurahan Pancoran – Kecamatan Pancoran Jakarta Selatan 12780. Telepon 081315514800 / 08170089400 (Leri).

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/nzr/sdi)
Berita Terkini Selengkapnya