Ban Mobil Murah Selalu Jelek? Simak Penjelasannya

Oleh Redaksi Otosia pada 10 Apr 2017, 16:15 WIB
Diperbarui 10 Apr 2017, 16:15 WIB
Ban Mahal vs Ban Murah (foto: Engineering Explained)
Ban Mahal vs Ban Murah (foto: Engineering Explained)

Otosia.com Ada 3 alasan mengapa pemilik mobil mengganti ban mereka dengan ban baru dengan merk tertentu: 1. Karena kualitas bagus, 2. Karena Murah, 3. Karena "pengen aja sih". Namun benarkah rumus ada barang ada harga itu masih berlaku untuk ban mobil jaman sekarang?

Bisa iya, bisa tidak namun yang jelas harga yang ditentukan oleh pabrikan mobil pada awalnya telah masuk perhitungan dan pertimbangan yang jelas tentang kurang lebihnya. Termasuk biaya produksi serta pemasarannya kelak. Engineering Explained, mencoba untuk menunjukkan bahwa kualitas ban, akan sangat ditentukan oleh harganya.

Pengunggahan video dari Engineering Explained tak cuma menjelaskan bagaimana harga menentukan ketebalan dari ban, alurnya, dan sebagainya. Namun Engineering Explained juga menjelaskan pengaruhnya performa dengan ukuran ban, kemungkinan oversteer, alignment, bobot, dan banyak yang lainnya.

Selain itu, kualitas yang dibayarkan juga ternyata punya grafik garis sejajar dengan performa lainnya. Seperti top-speed yang bisa diraih, performa pengereman ternyata juga tak akan optimal jika dilakukan dengan menggunakan ban yang murah dan menggunakan material yang juga murah.

Karena ternyata deselerasi (lawan dari akselerasi) sangat berpengaruh akibat grip atau cengkeraman ban yang tak optimal karena bahan ban yang murah. Simak detailnya, Otolovers!

Video Terpopuler saat Ini
 (kpl/fjr)
Berita Terkini Selengkapnya